in ,

Pemerintah Bakal Cetak 500 Ribu Eksportir Baru

Pemerintah Bakal Cetak 500 Ribu Eksportir Baru
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis mampu mencetak 500 ribu eksportir baru di tahun 2030. Segala kebijakan pun telah digulirkan, mulai dari peningkatan daya saing usaha mikro kecil menengah (UMKM); perbaikan iklim investasi, produktivitas, inovasi, kualitas sumber daya manusia; hingga menggelontorkan sejumlah skema permodalan.

“Saya optimis 500 eksportir baru akan dapat tercipta sesuai dengan harapan dari penyelenggara (pemerintah) karena ekspor adalah kegiatan yang menggambarkan daya saing dari suatu perekonomian negara dan merupakan turunan dari berbagai inovasi, produktivitas, kualitas sumber daya ekonomi Indonesia,” kata Sri Mulyani dalam acara bertajuk Memacu Ekspor UKM, yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (20/4).

Baca Juga  Surplus Neraca Perdagangan Indonesia Konsisten 26 Bulan

Namun, menurut Direktur Pelaksana Bank Dunia (2010-2106) ini, modal utama keberhasilan perekonomian negara adalah kualitas sumber daya manusia. Tanpa itu, mustahil kebijakan dapat terimplementasi dengan baik, apalagi berdampak bagi negara.

“Kualitas sumber daya manusia jelas merupakan pondasi yang tepat dan penting dan dengan komplemen yang dilaksanakan oleh berbagai pihak untuk terus meningkatkan daya saing. Kita berharap dan insyaallah kita akan mampu membangun Indonesia yang berdaya saing,” kata Sri Mulyani.

Keberhasilan selanjutnya adalah tergantung dari peran multipihak. Semua harus bergotong-royong mendorong UKM menembus pasar global, baik pemerintah pusat, daerah, dan berbagai elemen pendukung lainnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0