in ,

Indonesia dan UEA Catat Sejarah Melalui IUAE-CEPA

Indonesia dan UEA Catat Sejarah melalui IUAE-CEPA
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) melaksanakan perundingan putaran pertama Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab atau Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA). Perundingan yang berlangsung pada 2-4 September 2021 di Bogor, Jawa Barat tersebut mencatatkan sejarah baru sebagai perundingan dagang bilateral pertama Indonesia dengan negara di kawasan teluk.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengungkapkan, IUAE-CEPA adalah upaya penting kedua negara untuk meningkatkan perdagangan dan investasi. Peningkatan kinerja kedua sektor tersebut sangat diperlukan di tengah upaya pemulihan ekonomi saat pandemi COVID-19.

“Hasil perundingan putaran pertama akan ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan teknis dan intersesi untuk membahas potensi kerja sama yang dapat dilakukan, misalnya dalam hal dukungan terhadap industri kecil dan menengah, niaga elektronik, dan pengembangan industri halal”, ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (06/09).

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

Pelaksanaan putaran pertama perundingan IUAE-CEPA ini juga telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo oleh Mendag bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat kunjungan kehormatan Menteri Thani Al Zeyoudi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (03/09).

“Presiden RI menyambut sangat positif dimulainya perundingan CEPA antara kedua negara dan berharap agar perundingan IUAE-CEPA dapat dirampungkan dalam kurun waktu satu tahun”, tambahnya.

Pada perundingan putaran pertama IUAE-CEPA, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Perundingan Bilateral Kemendag Ni Made Ayu Marthini, sementara Delegasi UEA dipimpin Assistant Undersecretary International Trade Affairs Sector, Ministry of Economy of UAE Juma Al Kait.

Ditulis oleh

Baca Juga  Wamenkominfo Soroti Urgensi Perlindungan Data Pribadi dan Privasi

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *