in ,

Mendag UAE dan Jokowi Bahas Peningkatan Investasi

Bertemu Mendag UAE, Presiden Jokowi Bahas Peningkatan Investasi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Perdagangan United Arab Emirate (UAE) Thani bin Ahmed Al Zeyoudi di Istana Merdeka, substansi pertemuan membahas mengenai peningkatan perdagangan dan investasi, khususnya di bidang infrastruktur, ketahanan kesehatan, serta ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi menyampaikan, pertemuan dilakukan setelah peluncuran perundingan persetujuan kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-Persatuan Emirat Arab (PEA) atau Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA) yang dilakukan, pada (2/9).

“Dalam pertemuan tadi, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia menyambut baik dilakukannya peluncuran perundingan Indonesia-UAE CEPA dan sudah dilakukannya putaran pertama perundingan,” kata Retno dalam konferensi pers virtual yang disiarkan YouTube Sekretaris Negara, pada (3/9).

Baca Juga  UMKM Berjaya Di Masa Pandemi, Masalah Pajak Teratasi

Menurut Retno, pertemuan memberikan nilai strategis dan mencerminkan komitmen kedua negara untuk meningkatkan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Presiden mengharapkan agar perundingan ini dapat dilakukan atau dapat diselesaikan kurang dari satu tahun, sehingga dalam beberapa bulan ke depan akan dapat diperoleh hasil perundingan, mencapai progres yang cukup signifikan,” ungkap Retno.

Ia melanjutkan, Presiden Jokowi telah menyampaikan bahwa perdagangan antara Indonesia dengan UAE masih bisa ditingkatkan lebih optimal lagi. Hingga saat ini nilai perdagangan antar keduanya baru mencapai 2,9 miliar dollar AS.

“Dengan CEPA nantinya, Presiden Jokowi mengharapkan paling tidak dapat dilakukan kenaikan perdagangan dua sampai tiga kali lipatnya,” kata Retno.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *