in ,

Enam Emiten Besar Indonesia Masuk “Big Caps” Forbes

Enam Emiten Besar Indonesia Masuk “Big Caps” Forbes
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Majalah Forbes merilis, enam perusahaan asal Indonesia masuk ke dalam daftar 2.000 perusahaan global terbesar yang memiliki total aset 370,7 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Keenam perusahaan itu adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Bank Negara Indonesia (BNI), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Gudang Garam Tbk.

Mengutip laman resmi Majalah Forbes pada Senin (17/5/2021), enam emiten berkapitalisasi pasar jumbo atau big caps yang sahamnya juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu masuk ke dalam daftar Forbes Global 2000 edisi 2021. Forbes Global 2000 telah mengukur perusahaan publik terbesar di dunia sejak 2003. Empat indikator yang menjadi dasar penilaian adalah aset, kapitalisasi, penjualan, dan keuntungan.

Baca Juga  Perdagangan Global jadi Kunci Kemajuan UMKM

Pada laporannya Forbes mengumumkan, BRI menempati urutan teratas untuk perwakilan perusahaan asal Indonesia dalam daftar Forbes Global 2000. Emiten perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu berada di posisi 362 dunia dan tercatat memiliki penjualan 10 miliar dollar AS, keuntungan 1,3 miliar dollar AS, aset 107,6 miliar dollar AS, dan kapitalisasi pasar 36,5 miliar dollar AS.

Posisi kedua ditempati oleh BCA dengan penjualan 6 miliar dollar AS, keuntungan 1,9 miliar dollar AS, aset 76,6 miliar dollar AS, dan kapitalisasi pasar 53,1 miliar dollar AS. Secara global, emiten di dalam Grup Djarum itu menempati posisi 436.

Selanjutnya, emiten perbankan BUMN lainnya, Bank Mandiri yang menempati urutan 507 global. Bank Mandiri memiliki penjualan 8,6 miliar dollar AS, keuntungan 1,2 miliar dollar AS, aset 101,7 miliar dollar AS, dan kapitalisasi pasar 20,2 miliar dollar AS.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0