in ,

CORE: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2,5-3,5 Persen

CORE: Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2,5-3,5 Persen di 2021
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di kisaran 2,5 persen sampai 3,5 persen sepanjang 2021. Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal menjelaskan, proyeksi itu berlandaskan potensi ketidakpastian ekonomi akibat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang akan kembali menghambat pertumbuhan. Menurutnya, sangat kecil kemungkinan pertumbuhan ekonomi akan sesuai prediksi pemerintah, yaitu kisaran 4,5 persen sampai 5,3 persen.

“Akan tetapi, proyeksi ini tidak terlalu rendah, sebab ada dua faktor, pertama karena tahun 2020 sudah minus secara year on year, potensi untuk meningkat menjadi lebih besar. Kedua, dari segi ekspor yang tumbuh luar biasa sehingga akan meredam dari kontraksi keterlambatan dari sisi konsumsi rumah tangga,” kata Faisal dalam webinar CORE Mid Year Review 2021 bertajuk Menahan Gelombang Ketidakpastian Ekonomi, pada (27/7).

Baca Juga  Industri Asuransi Hadirkan Produk Berbasis ESG

Ekonom CORE Indonesia Ina Primiana menambahkan, dalam kondisi pandemi COVID-19, industri justru menunjukkan geliat yang ekspansif. Bahkan, menuju mandiri karena banyak kebutuhan dipenuhi dari dalam negeri. Hal ini terlihat dengan purchasing managers index (PMI) manufaktur Indonesia tercatat pada angka 53,5 di bulan Juni 2021.

“PMI sedang berada dalam tren positif dalam beberapa bulan terakhir. Bila dilihat pergerakan ekspor secara tahunan terus terjadi kenaikan dari Januari hingga Juni 202,” kata Ina.

Secara akumulatif, nilai ekspor Indonesia Januari sampai Juni 2021 mencapai 102,87 miliar dollar AS atau naik 34,78 persen dibanding periode yang sama tahun 2020. Demikian juga ekspor nonmigas mencapai 97,06 miliar dollar AS atau naik 34,06 persen.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0