in ,

Bahlil: Kawasan Energi Hijau Akan Dibangun di Kaltara

Bahlil: Kawasan Energi Hijau Akan Dibangun di Kaltara
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Dalam waktu dekat, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan di bangun kawasan energi hijau (green energy) dengan nilai investasi miliaran dollar AS. Hal itu diungkapkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers virtual bertajuk Realisasi Investasi Triwulan II-2021, pada Selasa (27/7).

“Belum saya buka detailnya sekarang, yang jelas kita bangun besar-besaran investasinya puluhan billion dollar AS. Kita akan bangun kawasan energi hijau di Kalimantan Utara (Kaltara), tapi nanti yang akan umumkan menteri koordinator bidang maritim dan investasi saja. Intinya berbagai cara kita lakukan untuk menarik investasi di luar Pulau Jawa,” kata Bahlil.

Ia percaya, kawasan energi hijau (green energy) yang bersifat hilirisasi itu sangat potensial terealisasi. Sebab, pandemi Covid-19 tidak memengaruhi pertumbuhan sektor usaha di bidang hilirisasi. Terpenting bagi Indonesia, proyek investasi green energy itu nantinya bakal melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sekitar daerah, sehingga bisa mendongkrak perekonomian daerah setempat. Amanah ini telah teruang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Baca Juga  IHSG Ditutup Melemah Menjelang Idulfitri

“Perintah Presiden Jokowi ke kami agar mendorong investasi yang inklusif. Jangan mengurus yang besar-besar saja, UMKM harus diurus dan jangan hanya urus investasi di Pulau Jawa, tapi juga Luar Jawa. Kami konsisten jalankan itu,” jelasnya.

Bahlil lantas menyebutkan strategi yang telah dilakukan untuk menarik investasi di luar Pulau Jawa. Pertama, memberikan insentif yang tidak bisa didapatkan di Jawa. Kedua, permudah mengurus perizinan. Ketiga, membantu investor sampai dengan melakukan proses pembangunan dari investasi yang ditanamkan di dalam negeri.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0