in ,

BKF Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2022

Kendati demikian, ia menggarisbawahi, proyeksi itu dapat terjadi bila kondisi pandemi tetap terkendali. Pemerintah sangat berharap, masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan sekaligus melakukan vaksinasi tahap kedua dan booster demi menekan jumlah kasus COVID-19 serta beragam pembatasan sosial.

Proyeksi positif pada kuartal II-2022 juga diyakini oleh ekonom sekaligus dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Muhammad Chatib Basri. Pria yang karib disapa Dede ini berpandangan, ekonomi Indonesia akan semakin kuat di tahun ini. Meskipun, pertumbuhan ekonomi periode April–Juni tidak setinggi tahun lalu.

“Pemulihan itu akan sangat tergantung mobilitas. Kalau mobilitasnya kembali, aktivitas ekonominya more or less akan kembali. Jadi, saya enggak akan terlalu khawatir soal pertumbuhan ekonomi kuartal II (2022), kemudian ekspor dan konsumsinya juga relatif kuat,” kata Dede.

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Apalagi, pemerintah telah memutuskan untuk menghapus Harga Eceren Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada 23 juta penerima, yang terdiri dari 20,5 juta rumah tangga dan 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL). Hal ini akan meningkatkan daya beli masyarakat dan menekan inflasi.

“Subsidi harga minyak goreng (kebijakan HET) lebih banyak dinikmati masyarakat menengah atas. Hal ini berbeda dengan penyaluran BLT yang penerimanya dibatasi hanya pada kelompok yang membutuhkan. Beban APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), bahkan tidak begitu signifikan sekalipun jumlah penerima BLT naik sampai 40 juta keluarga. Dengan hitung-hitungan penyaluran BLT diberikan sebesar Rp 100 ribu per bulan selama tiga bulan, 40 juta keluarga itu hanya mengambil APBN sebesar Rp 12 triliun,” ujar Dede.

Baca Juga  BPK Minta Pemerintah Terus Tingkatkan Kualitas APBN

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *