in ,

BI Klaim Utang Luar Negeri Triwulan III-2021 Terkendali

BI Klaim Utang Luar Negeri Triwulan III-2021 Terkendali
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Bank Indonesia (BI) menyatakan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan III 2021 tetap terkendali, meski tumbuh 3,7 persen (yoy). Posisi Utang Luar Negeri Indonesia pada akhir triwulan III 2021 tercatat sebesar 423,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 6.008 triliun, yang juga lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 2 persen (yoy).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, Utang Luar Negeri Indonesia tetap terkendali tecermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 37 persen, menurun dibandingkan dengan rasio pada triwulan sebelumnya sebesar 37,5 persen.

“Selain itu, struktur Utang Luar Negeri Indonesia tetap sehat, ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 88,2 persen dari total ULN,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (15/11).

Baca Juga  Hingga 11 Mei, Realisasi PEN Capai Rp 172,35 Triliun

Erwin menyebut, perkembangan pada triwulan III 2021 disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan Utang Luar Negeri sektor publik dan sektor swasta.

“Utang Luar Negeri swasta meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. ULN swasta pada triwulan III 2021 tumbuh sebesar 0,2 persen (yoy), setelah pada periode sebelumnya mengalami kontraksi 0,3 persen (yoy),” katanya.

Secara rinci, Erwin menyebut pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan sebesar 1 persen (yoy), melambat dari 1,6 persen (yoy) pada triwulan II 2021. Sementara itu, pertumbuhan ULN lembaga keuangan mengalami kontraksi sebesar 2,7 persen (yoy), lebih rendah dari kontraksi triwulan sebelumnya sebesar 6,9 persen (yoy).

“Dengan perkembangan tersebut, posisi ULN swasta pada triwulan III 2021 tercatat sebesar 208,5 miliar dollar AS,” imbuhnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0