in ,

BCA Gandeng Modal Rakyat Salurkan Pembiayaan UMKM

BCA Gandeng Modal Rakyat Salurkan Pembiayaan UMKM
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggandeng PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) untuk menyalurkan pembiayaan kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp 20 miliar. Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat peran UMKM terhadap perekonomian nasional.

Sebagai informasi, Modal Rakyat merupakan perusahaan berbasis teknologi finansial yang mempertemukan pendana dengan peminjam UMKM. Modal Rakyat memiliki misi untuk senantiasa memberikan solusi bagi UMKM yang ingin mendapatkan pinjaman dengan praktis, cepat, dan mudah. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2018 ini telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 2 triliun kepada UMKM.

Senior Vice President Commercial and SME Business BCA Elvriawati Tumewah mengatakan, kerja sama dengan Modal Rakyat merupakan salah satu bentuk upaya BCA dalam memperluas jaringan bisnis dan jangkauan pembiayaan ke debitur UMKM.

Baca Juga  Menparekraf: Dompet Digital Lokomotif Digitalisasi UMKM

“Kami juga mencermati bahwa perkembangan bisnis di era digital saat ini semakin pesat sehingga muncul beragam fintech untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. BCA melihat hadirnya fintech ini berhasil membuka pintu baru bagi perkembangan bisnis perbankan di Tanah Air,” kata Elvriawati dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com, pada (11/11).

Secara teknis, Modal Rakyat akan menjadi jembatan antara BCA dengan UMKM yang membutuhkan permodalan bisnis.

“Melalui kerja sama ini, BCA mengalokasikan limit kerja sama senilai Rp 20 miliar yang akan didistribusikan kepada UMKM yang sedang mengembangkan bisnis. Adapun, kerja sama ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 miliar dengan tenor pembiayaan selama maksimal 3 bulan,” jelas Elvriawati.

Baca Juga  Kementan Alokasikan KUR Rp 70 Triliun Tahun 2021

Ia mengatakan, sampai dengan Oktober 2021, BCA telah membukukan total disbursement of digital partnership mencapai Rp 145,76 miliar melalui berbagai skema pembiayaan. Sejumlah program yang mendukung digital partnership, antara lain business personal loan direct, business personal loan e-commerce, dan channeling fintech.

“Kami berharap transformasi UMKM akan semakin kuat melalui adanya kerja sama strategis BCA dan Modal Rakyat ini. Ke depan, BCA akan terus berupaya dalam memberikan akses pembiayaan inklusif kepada pengusaha UMKM sehingga pada akhirnya kami dapat mendukung transformasi ekonomi UMKM di Indonesia,” kata Elvriawati.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *