in ,

BCA Gandeng Modal Rakyat Salurkan Pembiayaan UMKM

Selain pembiayaan, BCA juga berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi UMKM. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyebutkan, BCA telah menyediakan ruang berkarya bagi pelaku UMKM melalui BCA UMKM Fest.

“Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulannya melalui platform digital yang kami siapkan, BCA juga memberikan pendampingan melalui beragam webinar, mentoring, hingga sesi business matching yang membuka akses pasar bagi pegiat UMKM untuk melakukan ekspor. Kami sungguh berharap, produk UMKM tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan populasi terbesar di ASEAN dan ke-4 di dunia, tapi juga mampu berekspansi menembus pasar internasional,” kata Jahja.

Untuk business matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center (ITPC), dan bank koresponden untuk menghadirkan calon buyer yang berasal dari 30 negara.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

“Saat ini 80 seller BCA siap untuk ekspor. Nantinya para UMKM siap ekspor akan melakukan pertemuan dan diskusi bisnis dalam sesi tersebut,” kata Jahja.

BCA menilai, pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia terlihat dari besarnya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini. Berdasarkan data kementerian koperasi dan UKM, UMKM berkontribusi 61,07 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 116,97 juta orang atau 98 persen tenaga kerja di Indonesia. Pengembangan UMKM juga selaras dengan percepatan realisasi program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

“BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Karena keterbatasan ruang gerak yang ada saat ini, kami menghadirkan BCA UMKM Fest secara on-line, sebuah gerakan nyata dengan tujuan mulia, yaitu untuk membangkitkan motivasi dan optimisme penggiat UMKM di Indonesia, ” kata Jahja.

Baca Juga  Panduan Mudah Tukar Uang Baru dengan Aplikasi PINTAR

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *