in ,

Cerdas Investasi Digital Kaum Muda

Cerdas Investasi Digital Kaum Muda
FOTO: IST

Kalangan muda dikenal sebagai kalangan yang membawa perubahan atau pembaruan dalam suatu tatanan masyarakat. Begitu pun yang tengah dilakukan oleh kalangan muda atau lebih populer disebut dengan generasi milenial dalam menghadapi era disrupsi digital dewasa ini. Dalam era disrupsi digital, generasi milenial mendapatkan berbagai kemudahan untuk dapat mengakses berbagai layanan multi-sektoral hanya dengan menggunakan sebuah smartphone. Hal ini kemudian mendorong tumbuh pesatnya kanal digital ditengah kalangan milenial.

Terlebih manakala pandemi semakin menumbuhkembangkan kanal digital tersebut. Salah satu ruang kanal digital yang kemudian diminati oleh generasi milenial dewasa ini selain electronic commerce adalah penggunaan kanal investasi digital. Kanal investasi digital yang dimaksud tersebut pada praktiknya menawarkan berbagai bentuk investasi yang dapat dilakukan oleh generasi milenial ataupun generasi lainnya. Namun generasi milenial yang memiliki kecakapan inovasi yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya, hal tersebut menunjukkan peluang investasi digital di Indonesia akan menjadi ladang yang menguntungkan.

Dengan kecakapan tersebut, kemudian meningkatkan permintaan atas layanan investasi digital pada saat pandemi menjadi naik dibandingkan pada periode sebelumnya terutama pada pembelian saham dan reksa dana sebagai pilihan instrumen investasi. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah layanan investasi digital tersebut sudah digunakan oleh generasi milenial dengan optimal atau memberikan kebermanfaatan yang maksimal. Pertanyaan ini sebenarnya timbul karena umumnya generasi milenial masih terdapat yang memiliki pandangan bahwa investasi digital selalu memberikan keuntungan. Pemikiran tersebut kemudian melahirkan miskonsepsi terhadap layanan investasi digital berikut dengan transaksinya.

Baca Juga  Tips Bertransaksi dan Berinvestasi Digital yang Aman!

Adapun miskonsepsi terhadap transaksi layanan investasi digital yang terjadi adalah bahwa pengguna layanan investasi digital terutama dari generasi milenial adalah bahwa transaksi yang ada tidak dibebani oleh tambahan biaya pihak penyelenggara. Penambahan biaya tersebut kemudian dianggap sebagai hal yang tidak menguntungkan bagi pengguna pemula. Sehingga sebelum melanggengkan miskonsepsi yang ada di masyarakat dewasa ini, generasi milenial harus terlebih dahulu cerdasa memahami apakah itu sesungguhnya investasi digital yang memberikan keuntungan secara dua arah. Setidaknya terdapat tiga langkah cerdas yang dapat diterapkan.

Langkah yang pertama adalah pelajari dulu keabsahan transaksi yang disediakan oleh setiap layanan investasi digital. Adapun yang dimaksud dengan keabsahan transaksi adalah bahwa setiap pengguna layanan investasi seyogyanya terlebih dahulu mengetahui keabsahan dari pihak penyelenggara. Hal ini berperan penting untuk memberikan keyakinan sekaligus perlindungan kepada para pengguna layanan investasi digital. Dengan mengetahui keabsahan dari pihak penyelenggara akan memberikan kepastian hukum bagi para pengguna layanan investasi digital. Sehingga sedari awal, pengguna sudah dapat menghindari kerugian yang dapat timbul.

Baca Juga  Eksistensi Investasi Reksa Dana Online Berbasis Platform Digital

Langkah yang kedua adalah pelajari dulu adalah pelajari dulu bagaimana layanan investasi digital itu memberikan keuntungan terutama bagaimana alurnya. Selain itu pelajari juga apakah besaran dari nilai keuntungan yang diberikan tersebut adalah nilai yang wajar. Adapun perlu juga untuk dipertimbangkan, para pengguna layanan investasi digital harus juga memahami konsep instrumen investasi tersebut dan harus pula menyesuaikan tujuan dan jangka waktu instrumen investasi masing-masing.

Langkah yang ketiga adalah pelajari dulu apakah layanan investasi digital tersebut patuh terhadap aturan hukum terutama dalam hal perpajakan. Hal ini dikarenakan tidak seluruh dari layanan investasi digital menerapkan kepatuhan atas perpajakan secara optimal. Pengguna layanan investasi harus cerdas apabila nilai tambahan yang harus dibayarkan oleh pengguna ternyata tidak memuat nilai perpajakan yang wajar, maka menjadi indikasi awal bagi layanan investasi digital tersebut hanya memberikan keuntungan pribadi pada penyelenggara. Sehingga menjadi penting untuk menyalurkan investasi yang memberikan keuntungan secara pribadi namun juga memberikan kontribusi kepada bangsa. Oleh karena itu, generasi milenial harus semakin bijaksana dan melakukan langkah-langkah yang cerdas dalam melakukan investasi digital yang memberikan kebermanfaatan secara penuh dari berbagai sisi sekaligus memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa.

Baca Juga  Transaksi dan Investasi Digital untuk Milenial Zaman Now

Sumber:

https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/indonesia-garap-industri-digital-untuk-investasi

https://kemlu.go.id/davaocity/id/news/14003/peluang-investasi-sektor-ekonomi-digital-indonesia

https://katadata.co.id/yuliawati/digital/5fc79d61e865b/banyak-digunakan-milenial-layanan-investasi-digital-citibank-melonjak

https://money.kompas.com/read/2021/12/07/210840026/generasi-milenial-makin-tertarik-investasi-saham-dan-reksa-dana

https://finansial.bisnis.com/read/20191012/55/1158351/kanal-digital-mampu-dorong-kesadaran-investasi-milenial

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

10 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0