in ,

Program PWF Sejalan dengan Inklusi Kesadaran Pajak DJP

Salah satu upaya perbaikan itu menurut Neil adalah menerapkan program edukasi perpajakan, seperti yang dilakukan oleh Pajak.com melalui ajang PWF. Ia merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang memperkirakan, Indonesia pada 2020-2035 akan menikmati era bonus demografi.

“Jumlah usia produktif diperkirakan akan mencapai grafik tertinggi sepanjang sejarah RI, yaitu mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang akan menjadi kisaran 290 juta jiwa,” ungkap Neil. Untuk itu, sudah sepatutnya generasi muda saat ini dipersiapkan untuk menjadi generasi masa depan yang memajukan dan membela negara kesatuan RI.

Neil menyampaikan, program PWF ini sejalan dengan program inklusi kesadaran pajak yang dilakukan DJP. Program inklusi kesadaran pajak merupakan salah satu upaya DJP untuk menambah dan meningkatkan kesadaran pajak kepada generasi muda melalui penyisipan materi perpajakan di lembaga pendidikan. Program ini mulai dirintis DJP sejak tahun 2014, tetapi pertama kali diluncurkan secara luas sejak 2016.

Baca Juga  Messi Hemat Setor Pajak Berkat Rezim Inpatriat Prancis

“Kami berharap dengan adanya program ini kita semua dapat mewujudkan generasi emas Indonesia yang cerdas dan sadar pajak,” tutur Neil.

Dalam inklusi tersebut menurut Neil terdapat tiga pilar yang menjadi misi DJP, yaitu kerja sama dan regulasi, materi edukasi, dan edukasi dan kampanye. Dalam hal kerja sama dan regulasi maka program inklusi kesadaran pajak akan dilaksanakan melalui pendidikan formal dan nonformal dibangun melalui kerja sama dalam bidang pendidikan dengan memasukkan materi perpajakan. Implementasi inklusi perpajakan ini telah dilakukan melalui penandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama dengan berbagai kementerian dan lembaga. Ada banyak kementerian dan lembaga yang dilibatkan dalam proses edukasi ini, di antaranya Kemendikbud Ristek untuk pengadaan materi pajak dalam kuliah umum untuk memasukkan materi pajak dalam tema tematis kurikulum pelajaran SD, SMP, SMA, dan Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0