in ,

Pelindo III Percepat Pembayaran Pajak

Pelindo adalah BUMN yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi masyarakat.

Perseroan membagi tugas wilayah kerja, ada Pelindo I, II, dan III. Terminal Gilimas dibangun di bawah naungan Pelindo III yang mengelola pelabuhan di tujuh provinsi, antara lain Jawa tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Terminal Gilimas dibangun untuk meningkatkan layanan dan mengurangi beban Pelabuhan Lembar. Saat ini Terminal Gilimas memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai sebagai terminal penumpang, baik kunjungan kapal dalam negeri atau cruise. Dengan luasan mencapai 4.884 meter persegi, Terminal Gilimas mampu menampung penumpang hingga 1.500 orang. Selain itu, Terminal Gilimas juga didaulat sebagai salah satu penopang peningkatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga  Kriteria dan Prosedur Pengajuan Perpanjangan Waktu Pelaporan SPT Tahunan Badan 

Di bidang perpajakan, Pelindo III telah mengikuti program Integrasi Data Perpajakan (IDP). Salah satu implementasi IDP itu, yakni pengembangan aplikasi pemetaan chart of account (CoA)—sistem pengembangan dari integrasi data e-Faktur host to host (H2H). Secara teknis, website Pelindo III (h2hpajak.pelindo.co.id) dapat diakses oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di bawah unit vertikal Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Wajib Pajak Besar.

Pemetaan CoA itu berfungsi untuk mengurangi cost of compliance seperti, mendapatkan pelayanan atau pengujian lebih cepat pada saat pemeriksaan pajak atau pemenuhan hak, cost time maupun cost material dapat ditekan sehingga lebih efektif dan efisien.

Ditulis oleh

Baca Juga  Daftar Surat dari DJP yang dapat Diajukan Permohonan Pembetulan

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *