in ,

Pelindo Siapkan Inbreng Saham Empat “Subholding”

Pelindo Siapkan Inbreng Saham Empat “Subholding”
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo membentuk empat subholding sebagai tindak lanjut dari proses inbreng atau pengalihan saham milik Pelindo ke 20 anak perusahaan.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono mengungkapkan saat ini pihaknya telah melakukan penggabungan Pelindo I-IV menjadi Pelindo serta pembentukan empat subholding dibawahnya untuk mengelola bisnis inti perusahaan. Dimana masing-masing subholding ini akan menjadi induk bagi anak perusahaan eks Pelindo I-IV sesuai dengan lini bisnisnya.

“Langkah selanjutnya dari penggabungan Pelindo ini adalah aksi korporasi inbreng atau pengalihan saham milik Pelindo pada 20 anak perusahaan yang mengelola bisnis inti kepada subholding,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/12).

Baca Juga  Airlangga Minta BEI Siapkan Skema Perdagangan Karbon

Ali menjelaskan bahwa empat subholding Pelindo yang telah dibentuk tersebut adalah PT Pelindo Terminal Petikemas yang mengelola klaster bisnis petikemas, PT Pelindo Multi Terminal guna mengelola klaster bisnis non petikemas. Selanjutnya PT Pelindo Solusi Logistik mengelola klaster bisnis logistik dan pengembangan kawasan, serta PT Pelindo Jasa Maritim yang akan mengelola klaster bisnis marine, peralatan, dan jasa kepelabuhanan lainnya.

“Dengan menginduknya anak-anak perusahaan tersebut ke dalam subholding, diharapkan masing-masing klaster bisnis dapat dikelola secara lebih fokus dan optimal untuk dapat mengejar target value creation dari penggabungan Pelindo hingga 2025,” jelasnya.

Ia melanjutkan, hingga saat ini telah dilakukan pemberitahuan kepada pemegang saham minoritas, internal perusahaan dan publik, baik melalui kanal media internal perusahaan maupun media massa pada Kamis, 2 Desember 2021. Target untuk pelaksanaan inbreng saham kepada subholding yakni pada Januari 2022.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0