in ,

Pemerintah Rencana Menggabungkan BUMN Pelabuhan

Pemerintah Umumkan Rancangan Penggabungan BUMN Pelabuhan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah mengumumkan rancangan penggabungan empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pelabuhan, dimana nantinya PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV akan berintegrasi menjadi satu sebagai Pelindo.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam konferensi pers Rancangan Penggabungan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, IV (Persero) yang berlangsung secara daring, Rabu (01/09).

“Penggabungan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan industri kepelabuhanan nasional yang lebih kuat, dan meningkatkan konektivitas maritim di seluruh Indonesia, serta meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN di bidang kepelabuhanan,” ungkapnya.

Kartika menambahkan, integrasi Pelindo ini merupakan salah satu bagian dari program strategis Pemerintah dan inisiatif Kementerian BUMN untuk melanjutkan proses konsolidasi BUMN dalam layanan kepelabuhanan, serta diusulkan masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN), sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga  Langgar DMO, 34 Perusahaan Batu Bara Dilarang Ekspor

Berdasarkan kajian yang telah dilakukan atas opsi restrukturisasi BUMN Pelabuhan, penggabungan adalah opsi yang paling sesuai karena dapat memaksimalkan sinergi dan penciptaan nilai tambah.

“Dalam rancangan penggabungan, Pelindo II akan menjadi perusahaan penerima penggabungan dan Pelindo I, Pelindo III dan Pelindo IV akan bubar demi hukum tanpa proses likuidasi,” imbuhnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0