in ,

Bank DBS Dukung Pembangunan Berkelanjutan Indonesia

Bank DBS Dukung Pembangunan Berkelanjutan Indonesia
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Bank DBS Indonesia berkomitmen mendukung program pembangunan berkelanjutan pemerintah Indonesia melalui solusi-solusi keuangan berkelanjutannya. Komitmen ini sejalan dengan langkah DBS Bank Ltd. (Bank DBS) yang meningkatkan target pembiayaan berkelanjutan (sustainable financing) menjadi 50 miliar dollar Singapura hingga 2024 mendatang.

Corporate Banking Director Bank DBS Indonesia Kunardy Lie menjelaskan, Bank DBS berupaya mempercepat agenda keberlanjutan dalam membantu nasabah dalam mengintegrasikan praktik bisnis berkelanjutan dalam seluruh strategi bisnisnya.

“Selain dengan menyediakan solusi-solusi keuangan bagi para investor serta pelaku bisnis, Bank DBS juga bekerja sama dengan berbagai wirausaha sosial dalam upaya menangani isu-isu permasalahan lingkungan serta sosial di Indonesia,” kata Kunardy melalui keterangan tertulis, Kamis (2/9/21).

Baca Juga  DPR Setujui RUU P2 APBN 2020 Disahkan Jadi UU

Seperti diketahui, Indonesia telah menyatakan komitmennya untuk menurunkan angka emisi Gas Rumah Kaca. Namun, semua transisi menuju pembangunan rendah karbon dan net-zero emission memiliki risiko dan pembiayaan yang besar, terutama bagi investor dan pengusaha. Menurut perhitungan Bappenas, Indonesia setidaknya membutuhkan pembiayaan serta investasi di sektor berkelanjutan hingga 2030 sebesar Rp 67.803 triliun.

Kunardy mengatakan, hal itu menjadi peluang bagi industri jasa keuangan untuk turut andil, terlebih semakin banyak investor yang memusatkan penanaman investasinya pada produk-produk investasi dan pembiayaan berkelanjutan. Pada level negara kawasan Asia, termasuk di Indonesia, adopsi sistem keuangan berkelanjutan sudah mulai berjalan. Beberapa lembaga keuangan di Indonesia, misalnya, telah beralih dari investasi energi fosil menuju investasi bersih dengan penerapan program-program pendanaan untuk proyek-proyek pembangunan rendah karbon dan ramah iklim.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *