in ,

Bank DBS Dukung Pembangunan Berkelanjutan Indonesia

“Untuk mendorong transparansi yang lebih besar dalam kegiatan ekonomi berkelanjutan dan transisi ekonomi, taksonomi yang disusun oleh Bank DBS menguraikan cara mengelola transaksi yang diklasifikasikan sebagai ‘Hijau’, ‘Transisi’ dan atau berkontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan PBB (UN SDGs),” jelas Kunardy. Menurutnya,  hal itu juga merangkum daftar yang luas terkait kegiatan ekonomi yang memenuhi syarat, seperti penggunaan plastik daur ulang untuk membuat pakaian, atau upgrade jaringan listrik untuk mengintegrasikan energi terbarukan yang terpisah-pisah.

Kunardy menjelaskan, Bank DBS melihat minat yang besar akan pencarian pembiayaan pembangunan berkelanjutan di negara dan sektor di mana Bank DBS beroperasi, termasuk di Indonesia. Pasar pinjaman ramah lingkungan (green loan market) didominasi peminjam di sektor real-estate. Namun, Bank DBS saat ini juga terlibat dengan pembiayaan di sektor lain seperti mendanai pabrik peralatan energi terbarukan dan pabrik baterai kendaraan listrik.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

“Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa setiap institusi saat ini harus memberikan kontribusinya terhadap agenda keberlanjutan. Demikian juga dengan Bank DBS, sustainability outcomes merupakan salah satu prioritas kami dalam menjalankan bisnis perbankan,” ujar Kunardy.

Kunardy menegaskan, sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan (purpose- driven bank), pihaknya berupaya untuk membantu nasabah mengintegrasikan praktik bisnis berkelanjutan dalam seluruh strategi bisnis mereka. Tidak hanya aktif menyuarakan berbagai isu sosial dan lingkungan, Bank DBS Indonesia juga melakukan peranannya (walk the talk) dengan memikirkan aspek lingkungan dan sosial yang dapat dihasilkan dari bisnis yang dijalankan. Hal tersebut diakomodasi dalam pilar responsible business practice yang fokus pada implementasi keberlanjutan.

Baca Juga  Airlangga Tegaskan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *