in ,

Pemerintah Dorong Pembangunan Industri Berkelanjutan

Pemerintah Dorong Pembangunan Industri Berkelanjutan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Keberhasilan ekspor dan impor harus didukung dengan pembangunan industri berkelanjutan. Pemerintah berkomiten menerapkan circular economy atau ekonomi sirkular, yaitu pendekatan sistem ekonomi melingkar dengan memaksimalkan kegunaan dan nilai bahan mentah, komponen, serta produk.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menjelaskan, prinsip-prinsip pembangunan industri yang berkelanjutan didasarkan pada aspek pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan hidup.

“Kebijakan ini diharapkan dapat menjaga kelangsungan proses produksi dengan memberikan jaminan ketersediaan dan kemudahan untuk mendapatkan bahan baku dan/atau bahan penolong, baik yang berbasis sumber daya alam (SDA) maupun dari hasil daur ulang, serta kebijakan lainnya untuk meningkatkan daya saing kegiatan usaha dan kawasan industri itu sendiri,” kata Susiwijono, melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.com (6/4).

Baca Juga  3 Gagasan Jokowi Agar G20 Percepat Capai Target SDGs

Lebih lanjut, Susiwijono mengatakan, pemerintah akan memperkuat penerapan ekonomi sirkular. Ekosistem ini mampu mereduksi jumlah bahan sisa yang tidak digunakan dan dibuang ke tempat pembuangan akhir. Penerapannya akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi hijau yang lebih tinggi dibandingkan skenario business as usual.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0