in ,

Pelaku Industri Otomotif Ingin Insentif PPnBM Diperpanjang

Pelaku Industri Otomatif Berharap Insentif PPnBM Diperpanjang
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pelaku industri otomotif berharap pemerintah dapat memperpanjang insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil baru sebesar 100 persen hingga akhir tahun 2021 karena mampu meningkatkan penjualan. Seperti diketahui, insentif ini akan berakhir pada 31 Agustus 2021.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Kukuh Kumara optimistis penjualan masih akan meningkat jika insentif dapat diperpanjang. Terlebih beberapa perusahaan sudah melakukan beragam persiapan untuk peningkatan produksi, termasuk mulai membuka lowongan kerja.

“Kita berterima kasih kepada pemerintah karena ada relaksasi PPnBM ini semenjak bulan Maret. Relaksasi PPnBM mampu menggerakkan industri penunjang otomotif, bukan hanya mendongkrak penjualan tapi juga produksi, sehingga menimbulkan dampak masyarakat bisa kembali bekerja. Bahkan anggota GAIKINDO sudah melakukan rekrutmen demi menunjang industrinya,” jelas Kukuh Kumara dalam program AutoBiZZ yang disiarkan CNBC Indonesia, pada (27/8).

Baca Juga  Penerimaan Positif, Modal Hadapi Ketidakpastian Global

Berdasarkan data GAIKINDO, sebelum adanya PPnBM penjualan mobil hanya mencapai 40 ribu sampai 50 ribu atau separuh normal pada Januari sampai Februari tahun ini. Begitu berlaku PPnBM, lonjakan produksi lebih dari 100 ribu per bulan. Adapun penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) mencapai 84 ribu unit seperti kondisi normal. Target GAIKINDO untuk tahun 2021, penjualan dapat mencapai 750 ribu kendaraan.

“Sisi lain kita punya ekspor itu meningkat, 2019 sebelum pandemi ekspor CBU (completely built up/mobil utuh) 330 ribu, karena pandemi 2020 tinggal 230 ribu unit. Sekarang upaya untuk pulih kembali, salah satu pemulihan dipicu kebijakan pemerintah dalam hal PPnBM DTP (ditanggung pemerintah),” ungkap Kukuh.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings