in ,

Pelaku Industri Otomotif Ingin Insentif PPnBM Diperpanjang

Harapan senada juga diungkapkan Presiden Komisaris Indomobil Sukses Internasional Soebronto Laras. Ia berharap insentif diperpanjang, meskipun ia juga pesimistis hal itu bisa terwujud. Mengingat pemerintah sudah memberikan banyak insentif. Di samping itu, ekonomi sudah berangsur pulih.

“Teman-teman di industri otomotif ini sangat menghargai apa yang diperjuangkan pak menteri industri untuk memperpanjang insentif, sangat luar biasa. Tapi pandemi ini telah menyebabkan faktor-faktor yang semu. Apakah di production atau di sales marketing, ini masih menjadi kendala,” kata Soebronto.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita telah mengusulkan untuk memperpanjang insentif PPnBM 100 persen.

“Saya sudah menandatangani surat kepada Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati) untuk mengusulkan perpanjangan program PPnBM DTP,” kata Agus.

Baca Juga  Status Distrik Pajak Khusus Disney World Resmi Dicabut

Agus menjelaskan, langkah itu diambil untuk terus membantu perkembangan industri otomotif tanah air. Pasalnya, sektor otomotif ini berperan sangat besar dalam pertumbuhan industri dalam negeri. Sektor otomotif berkontribusi cukup signifikan terhadap ekspor nasional, yakni 4,5 persen di tahun 2020. Sektor ini termasuk 10 besar produk ekspor nonmigas nasional. Sementara itu, kontribusi industri otomotif terhadap produk domestik bruto (PDB) tahun lalu tercatat sebesar 4,42 persen.

Bahkan, industri otomotif pun mampu mendongkrak pertumbuhan sektor lainnya. Mulai dari industri pengolahan, seperti barang metal (baja, besi, aluminium), kabel, kawat, karet, kaca, hingga sektor energi—bahan bakar minyak (BBM).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *