in ,

Menkeu Optimistis Target Penerimaan Pajak 2022 Tercapai

Penerimaan Pajak 2022
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis penerimaan pajak di tahun ini akan melewati target seperti yang sudah terjadi di 2021. Seperti diketahui, setelah 12 tahun target tidak tercapai, penerimaan pajak tahun 2021 berhasil mencapai 103,9 persen dari target penerimaan pajak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 atau sebesar Rp 1.277,5 triliun. Sementara target penerimaan 2022 tumbuh menjadi menjadi Rp 1.485 triliun.

“Selain karena faktor adanya windfall, kenaikan harga-harga komoditas seperti batu bara, CPO, nikel, reformasi perpajakan menjadi usaha mencapai target pajak kembali tercapai di tahun ini. Kita juga enggak mungkin membangun perpajakan yang baik tanpa dukungan para stakeholders, baik yang mewakili pengusaha, lembaga internasional, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), BI (Bank Indonesia), semuanya memberikan kontribusi penting. Insyaallah tahun ini (penerimaan pajak) akan melewati target lagi, tapi kita enggak jemawa,” ungkap Sri Mulyani di acara perayaan Hari Pajak, yang diselenggarakan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, (19/7).

Baca Juga  Penerimaan Pajak Hingga April Tumbuh 51,5 Persen

Ia kembali menjelaskan, pajak digunakan untuk pembangunan Indonesia agar semakin maju. Pajak yang terkumpul dialokasikan pemerintah untuk sektor pendidikan; kesehatan; subsidi LPG, Bahan Bakar Minyak (BBM), hingga listrik; pembangunan infrastruktur; dan sebagainya.

“Kalau mau bikin semuanya menjadi bagus, yah kita yang bikin. Kalau mau bikin republik ini rusak, ya kita sendiri yang bikin. Jangan terbiasa nyalah-nyalahin orang lain. Jadi kita harus terbuka, kalau ada yang kurang (sistem atau layanan perpajakan), perbaiki terus, enggak pantah menyerah. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia, karena mencintai ini perlu banyak kerja keras,” kata Sri Mulyani.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Pajak Suryo Utomo juga optimistis target penerimaan pajak tahun 2022 dapat tercapai. Bahkan, menurutnya, mampu lebih baik dibandingkan tahun lalu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0