in ,

Langkah Berani El Salvador Jadi Surga Teknologi Bebas Pajak

el salvador
FOTO: IST

Langkah Berani El Salvador Jadi Surga Teknologi Bebas Pajak

Pajak.comSan Salvador – Pergeseran paradigma sedang berlangsung di El Salvador. Bangsa ini, di bawah kepemimpinan Presiden Nayib Bukele, resmi menghapus pajak atas inovasi teknologi, artificial intelligent (AI), pemrograman perangkat lunak dan aplikasi, serta pembuatan perangkat keras. Dengan demikian, negara ini berupaya menciptakan surga teknologi bebas pajak sekaligus merevolusi sektor teknologinya, mengundang investasi asing, dan memperluas peluang kerja bagi penduduk setempat.

Dalam cuitan yang diunggah pada 4 Mei waktu setempat, Presiden Bukele mengatakan telah menandatangani Undang-Undang Insentif Manufaktur Inovasi dan Teknologi. Undang-undang itu menghapus semua pajak atas inovasi teknologi, termasuk pemrograman perangkat lunak dan manufaktur perangkat keras.

“[Ini] menghilangkan semua pajak (pendapatan, properti, capital gain, dan tarif impor) atas inovasi teknologi, perangkat lunak dan pemrograman aplikasi, AI, manufaktur perangkat keras komputer dan komunikasi,” cuitnya, dikutip Pajak.com, Sabtu (6/5).

Sebagai informasi, rincian undang-undang tersebut pertama kali dipublikasikan pada 24 Maret lalu—ketika Presiden Bukele mengatakan bahwa dia akan meloloskan undang-undang ke kongres untuk menghapus pajak atas inovasi teknologi. Pembaruan tentang situasi ini pun secara resmi diumumkan pada 4 Mei lalu, setelah undang-undang tersebut ditandatangani.

Baca Juga  Dokumen yang Wajib Dilampirkan dalam SPT Tahunan Badan

Istilah “inovasi teknologi” diasumsikan mencakup Bitcoin, artinya El Salvador menindaklanjuti dengan janjinya untuk menarik para Bitcoiner dan perusahaan teknologi ke negara tersebut. El Salvador berniat menjadi seperti Singapura dan Amerika Latin.

Negara itu telah membuat program imigrasi yang mengakomodasi untuk menarik pengembara digital, inovator, dan investor. Insentif pajak di bawah undang-undang yang baru ditandatangani menunjukkan bahwa Pemerintah El Savador sangat serius dalam mencapai status pusat keuangan.

Sejatinya, pendekatan radikal El Salvador kontras dengan perjuangan berkelanjutan Amerika Serikat untuk mengatur cryptocurrency dan mempertahankan talenta teknologi terbaik. Alhasil, negara kecil di Amerika Tengah itu muncul sebagai pemain yang menanjak di panggung teknologi global, berpotensi memberikan cetak biru baru bagi negara lain.

Sebagai contoh, insentif bebas pajak ini dipastikan telah memikat pemain besar seperti Tesla dan Google, yang telah mengumumkan rencana untuk mendirikan pusat penelitian dan pengembangan di negara tersebut. Selain itu, inkubator startup dan perusahaan modal ventura telah menyuarakan minat untuk mendanai usaha teknologi lokal yang menjanjikan. Dengan begitu, ekonomi lokal diproyeksikan tumbuh secara eksponensial, mengirimkan riak perubahan positif ke seluruh wilayah.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Di sisi lain, keputusan El Salvador untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah sejak September 2021 telah menandai tonggak sejarah dalam pengejaran inovasi teknologi negara tersebut. Sebagai negara pertama yang merangkul Bitcoin, El Salvador mengisyaratkan kesediaannya untuk keluar dari norma ekonomi tradisional dan bereksperimen dengan teknologi yang mendisrupsi.

Langkah berani ini telah membangkitkan minat internasional dan mengilhami pengusaha lokal untuk merancang solusi inovatif menggunakan blockchain dan mata uang kripto. Startup dan perusahaan mapan sama-sama memanfaatkan lingkungan yang ramah kripto—membina ekosistem yang dinamis di mana inovasi teknologi dapat berkembang.

Selain itu, adopsi Bitcoin telah bertindak sebagai katalis untuk kemajuan lebih lanjut dalam teknologi keuangan, termasuk dompet digital, platform pengiriman uang, dan layanan pinjaman alternatif. Dengan merangkul Bitcoin, El Salvador telah memosisikan dirinya di garis depan ekonomi digital, membuka jalan bagi era baru inovasi teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga  Kanwil DJP Jaksel II: Manfaatkan Hak Pengungkapan Ketidakbenaran Pengisian SPT

Strategi ambisius El Salvador bertujuan untuk mengubahnya menjadi pusat global untuk teknologi dan inovasi. Untuk mencapai hal ini, pemerintah setempat telah mengalokasikan sumber daya untuk memperkuat infrastrukturnya, termasuk peningkatan konektivitas internet dan pendirian taman teknologi khusus.

Selain itu, kemitraan dengan institusi pendidikan terkenal seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Stanford sedang dalam pengerjaan, dengan fokus pada penelitian dan pengembangan bakat. Selain itu, El Salvador berencana untuk memperkenalkan program pendidikan di sekolah dan universitas yang akan menumbuhkan generasi baru profesional yang paham teknologi. Dengan demikian, El Salvador siap menjadi sarang inovasi teknologi dan magnet bagi perusahaan baru dan perusahaan mapan.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *