in ,

Jerman Terbitkan Panduan Pajak Nasional untuk Kripto

Jerman Terbitkan Panduan Pajak
FOTO: IST

Pajak.com, Jerman – Kementerian Keuangan Federal Jerman (Bundesministerium der Finanzen/BMF) telah terbitkan panduan tentang perlakuan Pajak Penghasilan (PPh) kripto. Menurut Sekretaris Negara Parlemen Katja Hessel, instruksi nasional pertama tentang kripto ini merupakan langkah penting dalam menindaklanjuti sejumlah pertanyaan dan kritik yang dilayangkan oleh Wajib Pajak Jerman.

“Dengan latar belakang semakin pentingnya token pada umumnya dan mata uang virtual seperti Bitcoin pada khususnya, Kementerian Keuangan Federal berkoordinasi dengan otoritas pajak tertinggi negara bagian federal menerbitkan surat BMF bagi para praktisi perpajakan dalam administrasi dan bisnis serta Wajib Pajak orang pribadi, dengan panduan yang aman secara hukum dan mudah diterapkan untuk perlakuan Pajak Penghasilan mata uang virtual dan token lainnya,” jelas Hessel dalam rilis pers, pada Rabu waktu setempat (11/5).

Baca Juga  Punya Akses Data Lengkap, DJP Ingatkan WP Ikut PPS

Ia mengemukakan, BMF itu berkaitan dengan berbagai masalah kripto, yang secara teknis dijelaskan dan diklasifikasikan berdasarkan Undang-Undang PPh. Beberapa isu yang dimaksud mencakup penambangan (mining), pertaruhan (staking), peminjaman (lending), hard forks dan airdrops, serta perlakuan pajak untuk pembelian dan penjualan bitcoin (BTC) dan etherium (ETH).

“Selain pembelian dan penjualan BTC atau ETH, misalnya, ini berlaku khususnya untuk penambangan Bitcoin. Selain itu, surat BMF berkaitan dengan staking, pinjaman, hard forks, airdrops, kekhasan pajak penghasilan dari token utilitas dan keamanan, serta token sebagai pendapatan karyawan,” urainya.

Langkah penting dalam penyusunan surat BMF ini terjadi saat sidang pada musim panas 2021. Saat itu, sejumlah besar asosiasi dan praktisi, serta warga negara individu telah berkomunikasi ke Kementerian Keuangan Federal dengan sejumlah informasi dan pernyataan tentang ketentuan kripto.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0