in ,

DPR Minta CT Ungkap Pengusaha Tak Patuh Pajak

Pengusaha tak patuh pajak
Foto: Dok. DPR RI

Pajak.com, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad meminta adanya pengungkapan nama pengusaha besar yang belum terdaftar sebagai Wajib Pajak (WP) dan tidak patuh pajak. Hal itu disampaikannya menanggapi pernyataan pengusaha Chairul Tanjung (CT) tentang banyaknya pengusaha yang belum terdaftar sebagai Wajib Pajak pada puncak perayaan Hari Pajak, pekan lalu.

Kala itu, CT mengungkapkan kalau ada pengusaha dengan harta triliunan rupiah belum tersentuh pajak. Hal itu diketahui lantaran CT memiliki bisnis di sektor perbankan, sehingga tahu persis jumlah aset yang dimiliki para nasabahnya.

CT juga menyampaikan kepada pemerintah agar mencari pengusaha besar tersebut sebagai sasaran Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sehingga tak lagi seperti “berburu” Wajib Pajak di kebun binatang, tetapi juga di hutan—istilah yang kerap disampaikan kala pemerintah menggenjot pajak masih fokus pada intensifikasi, alih-alih ekstensifikasi.

Baca Juga  Anggota Komisi XI DPR RI Apresiasi Kinerja DJP

“Masukan dari Pak Chairul Tanjung agar pemerintah berburu pajak di ‘hutan’ bukan di kebun binatang, merupakan saran yang penting. Tetapi, daripada cuma mengeluh, CT seharusnya juga mengungkap data pemilik uang yang belum terjangkau pajak,” ujarnya dalam keterangan pers, dikutip Pajak.com, Selasa (26/7).

Kamrussamad meyakini banyak pengusaha besar dengan harta triliunan rupiah yang belum tersentuh pajak. Hal ini ditandai dengan tren rasio pajak (tax ratio) yang terus menurun.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *