in ,

CEO Kapal Api: Sekarang Semakin Sulit Menghindari Pajak

CEO Kapal Api: Sekarang Semakin Sulit Menghindari Pajak
FOTO: IST

Pajak.com, Surabaya – Chief Executive Officer (CEO) PT Kapal Api Global (Kapal Api) Soedomo Mergonoto mengakui, sekarang ini semakin sulit bagi Wajib Pajak untuk menghindar dari kewajiban perpajakan. Sebab Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengembangkan sistem yang lebih andal dan menerima data informasi keuangan dari pelbagai negara melalui program Automatic Exchange of Information (AEoI). Dengan demikian, ia mengimbau kepada WP untuk patuh, utamanya kepada pengusaha atau konglomerat.

Domo, panggilan karib Soedomo, pun berbagi pengalamannya. Ia berkisah, belum lama ini pegawai pajak mengimbaunya untuk membayar pajak penghasilan (PPh) atas deposito yang terlewat diungkap pada program tax amnesty jilid I (2016–2017).

“Setelah kita tax amnesty, katanya, kan, enggak dicari-cari lagi. Tetapi baru-baru ini kita ditegur, ‘Pak Domo, ada deposito di DBS (Development Bank of Singapore) itu 20 tahun yang lalu, kok enggak bayar pajak penghasilannya sama bunga?’. Wah, saya kaget, kok bisa tahu, padahal, kan, saya saja lupa. Tenyata saya lupa, tetapi komputer ini enggak bisa lupa. Jadi inilah terpaksa saya bayar (PPh), mau enggak mau,” ungkap Domo dalam acara Sosialisasi Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) di Surabaya, (20/1).

Baca Juga  Penerimaan Pajak PPnBM Sektor Otomotif Turun 50 Persen

Belajar pengalamannya itu, ia berharap seluruh WP tidak lagi berupaya menghindar dari kewajiban perpajakannya. Ia mengajak WP ikut dalam Program Pengungkapan Sukarela (PPS) untuk memperbaiki atau meningkatkan kepatuhan.

“Ya kami taati saja, apalagi sekarang kita mau menghindar dari pajak sangat susah. Pastinya ya mau menghindar. Ya ini, kan, ngomong blak-blakan saja, kalau bisa menghindar ya menghindar, tetapi kalau sekarang ini sudah begitu ketat, sudah digital semua, jadi mau menghindar tidak bisa. Dan ini saya hanya bisa mengimbau para Wajib Pajak, sekarang ini pajak ini sulit sekali kalau mau main-main, jadi saya mengimbau ya bayar saja lah,” kata Domo.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings