in ,

Wapres Dorong Tiga Pilar Optimalisasi Perbankan Syariah

Wapres Dorong Tiga Pilar Optimalisasi Perbankan Syariah
FOTO: Ma’ruf Amin

Pajak.com, Jakarta – Untuk mendorong optimalisasi peran industri perbankan syariah tanah air, telah diterbitkan Road Map Perbankan Syariah 2020-2025 yang memiliki visi mewujudkan perbankan syariah yang berdaya tahan (resilient), berdaya saing tinggi dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional dan pembangunan sosial. Untuk mencapai visi tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, terdapat tiga pilar yang harus dilaksanakan.

“Upaya pencapaian visi ini akan dilaksanakan melalui tiga pilar yakni penguatan identitas optimalisasi perbankan syariah, sinergi ekosistem ekonomi syariah, dan penguatan perizinan, pengaturan dan pengawasan”, ungkapnya saat menghadiri acara Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) secara virtual, Jumat (28/05).

Pada acara yang bertemakan Merajut Kebersamaan di Tengah Pemulihan Ekonomi Nasional ini, Wapres menguraikan tiga pilar tersebut.

Baca Juga  IHSG Menguat di Tengah PPKM Darurat yang Diperpanjang

Pertama, adalah penguatan identitas perbankan syariah. Upaya ini dilakukan melalui sejumlah inisiatif strategis, berupa penguatan nilai-nilai syariah, pengembangan produk yang unik dan berdaya saing tinggi, penguatan permodalan dan efisiensi serta akselerasi digitalisasi perbankan syariah.

“Penguatan nilai-nilai syariah perlu dilakukan secara menyeluruh baik dari sisi operasional maupun SDM. Untuk itu, saya mengharapkan sejumlah upaya seperti penyusunan kode etik bankir syariah dan sertifikasi kompetensi bankir syariah dapat segera dilaksanakan,” jelasnya.

Wapres menambahkan bahwa penguatan nilai syariah juga perlu didorong melalui implementasi fungsi audit intern atas kepatuhan prinsip syariah dan hal ini harus disadari dan menjadi tanggungjawab seluruh organ perbankan syariah.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0