in ,

Wakaf Berperan Penting Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Wakaf Berperan Penting Mendorong Pertumbuhan Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, wakaf memiliki peran penting dalam pembangunan negara. Sebab, wakaf tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah, tetapi juga berperan sebagai dana abadi umat. Terutama untuk mewujudkan kesejahteraan sosial sekaligus mendorong pertumbuhan perekonomian negara.

Ma’ruf Amin menyebutkan, ada tiga kunci utama untuk mengoptimalkan gerakan wakaf yang berkelanjutan. Pertama, peningkatan literasi wakaf kepada masyarakat. “Masih rendahnya literasi masyarakat berdampak pada realisasi wakaf dan persepsi yang keliru terhadap wakaf, untuk itu perlu lebih gencar melakukan sosialisasi dan edukasi khususnya kepada generasi milenial,” ujar Ma’ruf Amin dalam webinar Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang digelar oleh Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Riau secara virtual pada Jumat (13/08).

Baca Juga  Keminves: Indonesia Bangun Pabrik Soda Ash Pertama

Kedua, perlunya pemanfaatan teknologi digital untuk pengelolaan wakaf. Perkembangan teknologi dan pandemi mengubah kebiasaan menjadi berbasis digital. Melalui pemanfaatan teknologi digital, pengelolaan wakaf menjadi lebih mudah dan transparan serta terjaga akuntabilitasnya. Ketiga, perlunya SDM berkompeten di bidang wakaf agar pengelolaan wakaf lebih profesional dan kepercayaan publik terus terjaga.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menambahkan, selain literasi dan digitalisasi, aspek yang tak kalah penting untuk mewujudkan optimalisasi gerakan wakaf yang berkelanjutan adalah kemampuan dalam merancang, mendesain dan mengimplementasikan proyek-proyek ekonomi keuangan syariah, yang meliputi pengelolaan, penyaluran kepada penerima manfaat serta penghimpunan dana yang dapat dipercaya dan memenuhi prinsip syariah dalam pelaksanaannya. Selanjutnya adalah kemampuan merancang struktur pembiayaan proyek, dengan menggabungkan kepentingan wakaf dan komersial, sebagai bentuk integrasi keuangan komersial dan sosial.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0