in ,

Tip Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Tip Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Usia muda adalah usia produktif untuk bekerja dan meniti karier, namun saking semangatnya bekerja terkadang kita lupa pentingnya mempersiapkan diri dan dana untuk masa pensiun di masa mendatang. Sebagian anak muda sering merasa hal itu belum terlalu penting mengingat waktu pensiun masih lama, apalagi jika gaji yang didapat masih pas-pasan, padahal menyiapkan dana pensiun sejak muda sangat penting. Sebab, dana pensiun ini tidak bisa dikumpulkan dengan cara instan dalam waktu singkat.

Berdasarkan survei HSBC Future of Retirement Bridging The Gap pada 2019, hanya 30 persen dari 1.050 sampel masyarakat di Indonesia yang sadar dan tergerak untuk mempersiapkan dana pensiun. Sementara, sisanya belum terpikir untuk mempersiapkannya. Penelitian HSBC ini linear dengan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut OJK, penetrasi dana pensiun masyarakat Indonesia baru sekitar 6 persen pada 2019. Padahal, sebagian besar masyarakat Indonesia punya pendapatan tetap.

Baca Juga  Tips Menyusun Rencana Keuangan di Awal Tahun 2022

Agar masa tua kita lebih mapan, sudah seharusnya dana pensiun disiapkan melalui perencanaan yang baik sejak awal. Sebab, meskipun kelak sudah tidak bekerja, pengeluaran tidak akan ikut berhenti. Berikut ini beberapa tip pentingnya mempersiapkan dana pensiun yang bisa dimulai sekarang juga. Tidak ada kata terlambat untuk mengawali hal yang baik.

Pertama, tentukan dulu kapan Anda akan pensiun. Usia rata-rata masa pensiun di Indonesia umumnya saat memasuki usia 55 hingga 60 tahun. Namun, tentu saja semakin pensiun muda semakin baik, jika bekal pensiun sudah cukup. Untuk memulainya, hitunglah selisih antara target usia pensiun dengan usia Anda saat ini. Sebagai contoh, jika saat ini usia Anda 30 tahun, artinya Anda masih memiliki waktu 25-30 tahun. Setelah itu, tentukan besaran target dana pensiun dengan mempertimbangkan seluruh pengeluaran selama masa pensiun sampai dengan sisa usiamu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *