in ,

Tip Aman Investasi Kripto Bagi Pemula

Tip Aman Investasi Kripto Bagi Pemula
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Popularitas mata uang kripto (cryptocurrency) belakangan ini semakin menarik perhatian dunia, tak terkecuali di Indonesia. Namun, investor pemula harus berhati-hati dalam membeli kripto, baik bitcoin, dogecoin, dan sejenisnya. Berikut tip dari Ketua Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Teguh Kurniawan Harmanda.

Pertama, jangan merasa takut melewatkan peluang yang menguntungkan atau terkenal dengan istilah fear of missing out (FOMO) di industri kripto. Beberapa kripto mengalami kenaikan yang menggiurkan. Misalnya, pada pekan lalu harga ethereum menguat 0,66 persen ke posisi 3.906,62 dollar AS atau setara dengan Rp 58.052.000 dan cardano meroket 12,16 persen ke 2,10 dollar AS atau Rp 31.131

Baca Juga  Rekomendasi Saham Di Bulan Ramadan

Akan tetapi, perlu diingat dalam setiap perdagangan aset kripto akan selalu ada potensi penurunan sangat tajam, seperti yang terjadi pada bitcoin. Pada pekan ini saja harga bitcoin turun 3,2 persen ke level harga 48.409,30 dollar AS atau setara dengan Rp 720.006.000 atau dogecoin terjun bebas 4,62 persen ke 0,52 dollar AS atau Rp 7.666.

Kedua, investor pemula wajib melihat asumsi dari analisis teknikal. Artinya, sebagai investor jangan hanya melihat dari sisi keuntungan atau cuan semata. Tetapi juga harus memahami analisa teknikal dan strateginya. Poin ini memang membutuhkan konsistensi serta waktu yang tidak singkat. Kuncinya, jangan malu bertanya dan bergabunglah ke komunitas-komunitas pelaku perdagangan kripto.

Baca Juga  Elon Musk: Kripto menjanjikan, tapi Harap Hati-Hati

Pertama jangan FOMO. Kedua pelajari juga profil-profil aset kripto untuk melihat profil dan fundamentalnya, dipelajari whitepaper atau litepaper-nya sebagai bahan analisa,” jelas pria yang biasa dipanggil Manda ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0