in ,

Tip Aman Investasi Kripto Bagi Pemula

White Paper dalam dunia kripto adalah sebuah dokumen yang berisi penjelasan suatu masalah yang ingin diselesaikan proyek—solusi, penjelasan, pembuatan, dan interaksinya dengan pengguna.

Ketiga, cek legalitas dari pedagang dan jenis kripto di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Hati-hati saat ini banyak aset dan akun kripto yang tidak mengantongi izin.

Sebagai informasi, Bappepti sudah mengeluarkan 226 aset kripto yang bisa diperdagangkan di Indonesia. Bappebti telah mengeluarkan izin kepada perusahaan yang telah terdaftar di Bappebti, yakni PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX); PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO); PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX); PT Indonesia Digital Exchange (IDEX); PT Pintu Kemana Saja (PINTU) 6; PT Luno Indonesia LTD (LUNO); PT Cipta Koin Digital (KOINKU); PT Tiga Inti Utama; PT Upbit Exchange Indonesia; PT Bursa Cripto Prima; PT Rekeningku Dotcom Indonesia; PT Triniti Investama Berkat; PT Plutonext Digital Aset.

Baca Juga  “Tips” Investasi untuk Pelajar dan Mahasiswa

“Dapat dikatakan hampir tidak ada instrumen investasi yang tidak berisiko atau risk free, maka dari itu menjadi penting sebagai investor boleh paham dengan kadar risikonya, dan betul-betul mempelajari industrinya,” tambah Manda yang juga Chief Operating Officer TOKOCRYPTO ini.

Sejatinya, hal senada juga berlaku untuk investor saham. Founder dan CEO Emtrade Ellen May selalu membagikan tip berinvestasi saham bagi pemula. Pertama, jangan takut, tetapi jangan juga terlalu agresif membeli saham. Kedua, pahami fundamental maupun teknikal.

“Jika belum paham keduanya dan ingin mencoba, mungkin ilmu yang harus dipelajari adalah manajemen risiko atau manajemen portofolio. Contohnya, kita investasi (beli saham) uang sejumlah nominal yang kita siap kalau uang itu rugi. Misal, mau mulai dari Rp 100 juta, coba dibayangkan kalau misalkan sampai rugi 10-20 persen, berarti hilang Rp 10-20 juta, siap enggak?,” jelasnya.

Baca Juga  Tips Siapkan Dana Liburan Tanpa Kuras Tabungan

Bagi Ellen, minat investasi saham di Indonesia masih tinggi di tengah godaan komoditas kripto. Terpenting masyarakat dapat menjadikan ini sebagai momentum untuk mulai berinvestasi dengan bijak dan cerdas.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *