in ,

Sovereign Wealth Fund, Keberlanjutan Pembangunan

sovereign wealth fund
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Untuk mencapai visi sebagai lima besar kekuatan dunia pada tahun 2045, Indonesia perlu melakukan percepatan pembangunan yang adil, merata, dan berkelanjutan. Mau tidak mau, Indonesia harus menciptakan iklim investasi yang kondusif dan menguntungkan untuk menarik investor lokal maupun mancanegara dalam meningkatkan pembiayaan pembangunan infrastruktur. Berbagai aliran dana asing yang masuk akan ditampung ke dalam Sovereign Wealth Fund (SWF). Lalu, apa sebetulnya yang dimaksud SWF dan seberapa penting pengelolaan SWF untuk keberlanjutan pembangunan menuju Indonesia maju?

Menurut International Monetary Fund (IMF), SWF merupakan dana investasi khusus yang dibuat atau dimiliki oleh pemerintah untuk memegang atau menguasai aset-aset asing untuk tujuan jangka panjang. SWF sebagai kendaraan finansial yang dimiliki negara, memiliki atau mengatur dana publik akan menginvestasikannya ke aset-aset yang luas dan beragam.

Baca Juga  Menlu Ungkap Deretan Diplomasi Penghasil Investasi

Biasanya, pemerintah akan menginvestasikan dana tersebut dalam aneka instrumen seperti deposito untuk mendapatkan bunga, saham untuk mendapatkan gain atau dividen, atau instrumen bentuk lain untuk meraup pendapatan. Selain untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia, SWF juga digadang-gadang sebagai inovasi yang luar biasa untuk menjamin kepastian bagi para investor asing.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0