in ,

BI Siapkan Uang Tunai Rp 175,26 T Jelang Idulfitri

BI Siapkan Uang Tunai
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) siapkan uang tunai sebesar Rp 175,26 triliun, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1443 H. Jumlah itu tercatat naik 13,42 persen dari tahun sebelumnya.

Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman mengungkapkan, langkah BI ini dilakukan seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

“Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran, sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai,” katanya dalam acara Serambi Rupiah Ramadhan Tahun 2022, secara hibrid, Senin (4/4).

Baca Juga  Sinergi 4 Perusahaan Bangun Kendaraan Listrik Indonesia

Aida menyebut, BI telah menyiapkan dua bentuk layanan untuk masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang tunai jelang lebaran. Pertama, penukaran uang di perbankan yang dilakukan selama periode 4−29 April 2022.

“BI bersinergi dengan perbankan nasional menyiapkan 5.013 titik penukaran di bank di seluruh Indonesia, bertambah 8 persen dari tahun lalu,” imbuhnya.

Kedua, penukaran uang di Mobil Kas Keliling BI, yang juga mulai dilaksanakan tanggal 4 April 2022 selama kuota harian penukaran tersedia. Kata Aida, penukaran uang melalui kas keliling BI kembali hadir setelah vakum dua tahun akibat pandemi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings