in ,

Hyundai Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang

Hyundai Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Konsorsium Hyundai, yang terdiri dari Hyundai Motor Company, KIA Corporation, Hyundai Mobis, dan LG Energy Solution, akan membangun pabrik sel baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat. Proyek yang akan dikerjakan bersama PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) ini bernilai investasi sekitar 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 15,9 triliun (kurs Rp 14.500). Pembangunan pabrik dijadwalkan akan dimulai pada kuartal IV-2021 dan selesai di semester I-2023.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan apresiasinya atas kerja sama ini. Kendati realisasi perjanjian memerlukan proses dan negosiasi yang panjang, namun ia memastikan kolaborasi ini dapat menguntungkan semua pihak. Bahlil menyebut, kerja sama dengan Konsorsium Hyundai merupakan salah satu tahap dari keseluruhan rencana proyek baterai kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia senilai 9,8 miliar dollar AS.

Baca Juga  IHSG Diprediksi Menguat, Didorong Lima Sentimen Positif

Namun, ia mengingatkan, kerja sama investasi ini wajib menggandeng pengusaha lokal dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)—sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK).

“Penandatanganan telah disaksikan bersama-sama. Izinkan saya sampaikan agar dalam implementasinya, sesuai dengan undang-undang, berkolaborasi dengan pengusaha nasional dan UMKM. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah saat ini. Kami akan kawal dari awal sampai akhir investasi untuk baterai sel ini,” tegas Bahlil dalam acara penandatangan nota kesepahaman besama Konsorsium Hyundai, pada Kamis (29/7).

Menurut Bahlil, proyek investasi yang dilakukan oleh Konsorsium Hyundai dan IBC merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia secara keseluruhan dari hulu sampai dengan hilir.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0