in ,

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Properti

2. Perhatikan lingkungan sekitar

Selanjutnya, masih berkaitan dengan lokasi. Faktor lingkungan menjadi hal yang tak kalah penting sebelum memilih properti. Anda perlu memerhatikan lingkungan secara komprehensif, apakah hunian yang akan dipilih terbebas dari polusi atau tidak. Sebagai contoh, perumahan di suatu wilayah di Depok memiliki harga rumah atau tanah yang cukup murah. Ternyata, hal itu karena lingkungan sekitar dekat dengan tempat pembuangan sampah. Seperti diketahui, pembuangan sampah berpotensi mencemarkan tanah yang akan memengaruhi kualitas air. Belum lagi polusi udara yang disebabkan dari aroma sampah itu. Kemudian, pertimbangkan pula keamanan hunian Anda. Pastikan tidak rawan tindak kejahatan, seperti pencurian.

 3. Pilih pengembang 

Baca Juga  Manfaat Layanan Keuangan BI-FAST

Anda perlu juga detail memilih pengembang atau developer agar nantinya tidak tertipu. Di era serbadigital ini Anda bisa mencari situs resmi pengembang melalui internet. Namun, hati-hati, coba lihat tampilan website-nya—apakah terlihat profesional atau tidak. Selain itu, perhatikan juga review dari konsumen developer itu. Secara umum, ada beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum membeli rumah melalui developer, antara lain:

  • Surat izin pembangunan properti.
  • Legalitas bangunan properti.
  • Hindari membayarkan uang muka  ke developer sebelum kredit pemilikan rumah (KPR) disetujui—bila Anda memutuskan untuk KPR.

4. Pahami perbedaan hak milik properti (rumah atau apartemen)

Ketika membeli rumah, Anda akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM) sebagai bukti kepemilikan tanah beserta bangunan rumah. Sertifikat ini dapat Anda miliki sebagai aset seumur hidup, bahkan dapat dijadikan agunan dalam mengajukan kredit. Sedangkan apartemen akan mendapatkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Prinsipnya, pemilik apartemen tetap memiliki hak untuk menggunakan bangunan atau unit yang dimiliki sesuai isi SHGB.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *