in ,

Diminati Milenial, Pemerintah Terbitkan Investasi ORI020

Diminati Milenial, Pemerintah Terbitkan Investasi ORI020
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan instrumen investasi obligasi ritel Indonesia (ORI) seri 20 atau ORI020 berkupon 4,95 persen, pada (4/10). Masa penawaran dibuka mulai 4 Oktober dan akan ditutup 21 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB. Meski diterbitkan untuk seluruh masyarakat, nyatanya selama ini ORI lebih banyak diminati kaum milenial.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman mengungkapkan, penerbitan ORI telah disambut baik oleh masyarakat, terbukti dengan peningkatan dari sisi nilai dana yang terkumpul maupun jumlah investor baru.

“Dengan tersedianya instrumen investasi yang mudah diakses, pemerintah berhasil menarik generasi milenial yang menyukai kenyamanan, kepraktisan, dan kemudahan berinvestasi,” kata Luky dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com

Untuk berinvestasi ORI, milenial hanya berbekal gadget dan modal investasi mulai dari Rp 1 juta untuk 1 unit. DJPPR mencatat, pada penerbitan ORI019 awal tahun 2021, jumlah investor baru yang berusia milenial mencapai 37,5 persen dari total investor.

Baca Juga  Ajaib Jadi Unicorn Fintech Pertama di Asia Tenggara

“Bahkan saat penerbitan surat utang negara (SUN) ritel, yaitu savings bond ritel (SBR) seri SBR010 pada Juli lalu, generasi milenial mendominasi hingga mencapai 46,1 persen,” tambah Luky.

Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu Deni Ridwan menjelaskan, kupon ORI020 ditetapkan 4,95 persen atau turun dibandingkan sebelumnya sebesar 0,2 persen. Dalam menetapkan kupon ORI, pemerintah mengikuti pergerakan yield SUN dengan penyesuaian tenor, suku bunga acuan, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) rate, dan tingkat suku bunga deposito perbankan yang makin menurun.

“Tapi kami menilai kupon ORI020 ini masih menarik jika dibandingkan instrumen investasi lain, karena ORI merupakan instrumen investasi jangka pendek, paling aman, dan dijamin oleh negara,” kata Deni.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0