in ,

Bangun Industri Gasifikasi, APCI Investasi Rp 210 T

Bangun Industri Gasifikasi, APCI Investasi Rp 210 T ke Indonesia
FOTO: IST

Pajak.com, Dubai – Air Products and Chemicals Inc (APCI), perusahaan asal Amerika Serikat, berkomitmen melakukan investasi sebesar 15 miliar dollar AS atau setara Rp 210 triliun untuk membangun industri gasifikasi batu bara dan turunannya di Indonesia. Investasi megaproyek ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) antara Kementerian Investasi (Kemenves)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Dubai.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menuturkan, kesepakatan bersama APCI merupakan investasi besar dan berjangka panjang, berupa pendirian fasilitas gasifikasi untuk konservasi batu bara bernilai rendah menjadi produk kimia bernilai tambah, seperti methanol, DME (dimethyl ether), dan bahan kimia lainnya.

Baca Juga  Cara Aman Investasi Emas Bagi Pemula

“Kerja sama ditujukan untuk mendorong hilirisasi sumber daya alam dan meningkatkan substitusi impor. Hal ini merupakan perwujudan dari arah kebijakan Presiden Jokowi terkait transformasi ekonomi dan hilirisasi industri,” kata Bahlil melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, pada Sabtu (6/11).

Secara teknis, Bahlil menjelaskan, dalam kesepakatan APCI akan dilakukan melalui kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pengusaha nasional di beberapa lokasi, seperti Sumatra, Kalimantan, Maluku, dan Papua.

“Investasi ini merupakan komitmen pemerintah dalam menerapkan model investasi yang kolaboratif dan inklusif. Dalam konteks ini kita langsung menindaklanjuti dengan perusahaan-perusahaan tersebut. Realisasinya akan mulai berjalan awal tahun 2022 nanti. Jadi saya pikir ini angka yang baik, tinggal bagaimana kita mengawal pada tindakan teknisnya,” ujar Bahlil.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *