in ,

Wapres: Riset dan Inovasi Kunci Kemajuan Perekonomian

Wapres-Riset dan Inovasi Kunci Kemajuan Perekonomian
FOTO: IST

Pajak.comBlitar – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengemukakan, riset dan inovasi memegang peranan penting dalam kemajuan perekonomian suatu negara. Selain itu, kemajuan tersebut turut ditopang oleh adanya jiwa kewirausahaan.

Ma’ruf pun menyebut, negara-negara maju memiliki jumlah wirausaha dengan perbandingan minimal 10 persen dibandingkan populasi penduduknya. Sedangkan, berdasarkan Entrepreneurship Global Index 2018 jumlah wirausaha Indonesia baru sebesar 3,1 persen dari total populasi penduduk atau sekitar 8,1 juta jiwa.

“Ini masih kalah bersaing dengan negara-negara tetangga di Malaysia ada 6 persen, Thailand sebanyak 5 persen, dan Singapura sudah 7 persen. Kesimpulannya, masa depan dan kemajuan kita tidak boleh lagi bertumpu pada SDA (sumber daya alam), tapi pada SDM (sumber daya manusia) yang menguasai IPTEK dan RIN,” ucapnya saat sambutan secara daring di Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, Jawa Timur, Sabtu (25/9).

Baca Juga  Tokocrypto - BeKind Gunakan Blockchain untuk Berdonasi

Ia pun berpesan kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk tekun mengembangkan diri, menguasai riset, inovasi dan teknologi terkini, serta menumbuhkan jiwa wirausaha agar bisa memajukan perekonomian Indonesia di masa depan.

“Dengan terus aktif belajar, melakukan riset, berinovasi, kreatif, dan tidak hanya mengejar sertifikasi atau ijazah semata,” sambungnya.

Ma’ruf kemudian mencontohkan perusahaan berbasis pendidikan digital Ruangguru sebagai inovasi anak bangsa, yang dilahirkan oleh kalangan milenial kreatif dan melek teknologi. Tak sekadar mengejar bisnis, aplikasi yang diakui di dunia internasional ini juga terbukti memberikan solusi atas persoalan pendidikan di masyarakat.

“Ruangguru meraih tidak saja peningkatan nilai atau valuasi perusahaannya, tapi juga berbagai penghargaan internasional seperti SOLVE Challenge dari MIT (Massachusetts Institute of Technology),” ungkapnya bangga.

Baca Juga  Industri Pengolahan Diprediksi Meningkat pada Kuartal II

Terakhir, lanjut Ma’ruf, pada tahun 2021 Ruangguru berhasil masuk dalam kelompok 50 perusahaan paling inovatif di dunia, peringkat 25 untuk seluruh kategori, dan peringkat 2 dalam kategori pendidikan oleh entitas pemeringkatan Fast Company.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0