in ,

Targetkan 30 Juta UMKM “Onboarding” ke Platform Digital

Lutfi menyampaikan, ada dua kunci utama untuk mempercepat proses transformasi digital UMKM. Pertama adalah kolaborasi. Menurut Luthfi, kolaborasi atau sinergi dengan semua pemangku kepentingan dapat mewujudkan UMKM nasional yang canggih dan berdaya saing di pasar global.

“Pemerintah, swasta, asosiasi, dan perbankan apabila berkolaborasi satu sama lain bisa mendorong UMKM kita menjadi lebih baik. Bahkan UMKM kita juga berdaya saing di pasar global,” ujar Lutfi.

Kunci kedua adalah kemampuan untuk berinovasi. Menurut Luthfi, UMKM Indonesia harus terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. Melalui digital, UMKM bisa terus berinovasi bahkan bisa memasarkan dan memperkenalkan lebih luas lagi akan produknya.

Luthfi menekankan agar UMKM bisa meningkatkan lebih besar lagi kemampuan membaca serta menganalisis tren pasar dan jeli melihat peluang baru di dalam negeri. Dengan berbagai kemampuan itu, goal para UMKM bisa menciptakan terobosan produk dan teknologi inovasi baru. Ia meyakini, dengan penerapan kedua kunci utama dan didukung dengan regulasi yang baik, pelatihan yang komprehensif, serta akses pembiayaan yang inklusif, ia yakin UMKM Indonesia bisa tumbuh dan berkontribusi lebih terhadap ekonomi nasional.

Baca Juga  Lippo Karawaci Libatkan Mitra Strategis dalam Menerapkan ESG

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *