in ,

Targetkan 30 Juta UMKM “Onboarding” ke Platform Digital

Targetkan 30 Juta UMKM “Onboarding” ke Platform Digital
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Sejak tahun lalu pemerintah telah menggalakkan kampanye gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI). Sejak kampanye berlangsung, sudah ada lebih dari 7 juta UMKM yang berhasil onboarding ke platform digital. Hingga pertengahan Agustus 2021, Kementerian Perdagangan mencatat, ada 15 juta UMKM yang telah bergabung dalam platform perdagangan elektronik. Pemerintah optimistis ke depan mampu mengantarkan 30 juta pelaku usaha UMKM untuk onboarding ke platform digital pada akhir 2023 mendatang.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi mengatakan, saat ini salah satu fokus pemerintah adalah mewujudkan digitalisasi UMKM. Di Sulawesi Utara misalnya, melalui gerakan BBI mengusung tagar PelangiSulawesi dan tema “Dari Sulawesi menuju Mancanegara”, pemerintah juga akan mempromosikan potensi wisata dan UMKM di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Terlebih lagi Sulawesi telah lama dikenal dalam kekayaan potensi sumber daya alam dan mempunyai sejarah perdagangan yang cukup panjang.

Baca Juga  Presiden Minta APBN 2023 Tahan Guncangan Global

“Sesuai Instruksi Presiden, kami juga akan membangun pusat jajanan kuliner dan cendera mata di Likupang sebagai bentuk dukungan kepada UMKM agar dapat memasarkan produk unggulannya di kawasan pariwisata, sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat Likupang,” kata Luthfi saat peluncuran gerakan BBI dan Bangga Wisata Indonesia secara virtual, Kamis (26/8/2021).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *