in ,

Survey KNTI, Ekonomi Nelayan Membaik di 2021

Survey KNTI, Ekonomi Nelayan Membaik di 2021
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Meski pandemi COVID-19 masih melanda, tingkat ekonomi nelayan mulai membaik sepanjang tahun 2021. Sebagian besar mengaku hasil tangkapan seluruhnya terserap oleh pasar. Hal ini diketahui berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI).

Survei KNTI terkait tingkat keterjualan hasil tangkapan menyasar 5.292 responden nelayan di 25 wilayah di Indonesia. Waktu pengumpulan data berlangsung selama satu bulan sejak April hingga Mei 2021. Hasil survei menunjukkan bahwa 78,43 persen produksi tangkapan nelayan seluruhnya terjual.

“Ekonomi nelayan kita di tahun 2021 ini sudah mulai membaik. Itu ditandai dengan normalisasi ekonomi nelayan yang terlihat dari peningkatan keterjualan hasil tangkapan,” ujar Ketua Umum KNTI Riza Damanik dalam rekaman dialog publik secara daring dikutip, Kamis (8/7/21).

Baca Juga  Tingkatkan Efisiensi Biaya Logistik, Jokowi Resmikan Makassar New Port

Riza mengatakan, survei itu merupakan lanjutan dari survei yang digelar tahun sebelumnya untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat khususnya nelayan, saat pandemi COVID-19 baru berlangsung. Hasilnya, tahun lalu terjadi penurunan penjualan hasil tangkapan sebanyak 72 persen dibanding sebelum terjadi pandemi secara global. Artinya, menurut Riza, tahun ini kondisi pasar perikanan di dalam negeri saat ini sudah mulai pulih.

“Itu ditandai dengan 78 persen dari nelayan kita bisa menjual keseluruhan hasil tangkapan ikannya di pasar,” kata Riza.

Ditulis oleh

Baca Juga  BUMI Investasikan 200 Juta Dollar AS untuk Penerapan ESG

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *