in ,

Reformasi Struktural Dorong Pemulihan Ekonomi

Persepsi pengusaha terhadap kemudahan berusaha di Indonesia pada Desember 2021 pasca-putusan MK terkait UU Ciptaker juga masih positif, bahkan lebih optimistis dibandingkan kondisi pada April 2021. Sebanyak 76,5 persen pelaku usaha tercatat optimistis memulai usaha baru pada bulan Desember 2021, dan kondisi ini meningkat dari April 2021 yang mencatat optimisme pelaku usaha sebesar 71,2 persen.

“Memerhatikan kondisi dan situasi yang ada, kita optimistis bahwa bersama-sama akan dapat mengatasi pandemi COVID-19, sekaligus memulihkan perekonomian nasional. Dengan pengalaman sebelumnya, terutama pada 2021, optimisme juga ada untuk pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan akan mencapai 5,2 persen di akhir 2022. Pertumbuhan tersebut tentu akan didorong dengan adanya peningkatan iklim usaha serta kepastian regulasi,” tutur Menko Airlangga.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Sementara itu, dari sisi kesehatan, pemerintah telah mengambil langkah-langkah antisipatif, antara lain dengan menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas kesehatan untuk menangani pasien COVID-19, baik kesiapan rumah sakit beserta alat kesehatan, tempat isoter, maupun obat-obatan yang diperlukan.

Tidak hanya itu saja, pemerintah pun terus berusaha untuk memenuhi target pelaksanaan vaksinasi di seluruh provinsi di Indonesia, khususnya untuk dosis ke-2 dan booster, terutama bagi mereka yang mempunyai faktor komorbid dan juga lansia.

“Selain itu, kami juga memperpanjang PPKM, mendisiplinkan kembali pelaksanaan protokol kesehatan, dan testing serta tracing hingga ke tingkat mikro. Program PEN juga diperpanjang di tahun ini dengan anggaran sebesar Rp 455,62 triliun, di mana untuk klaster Penanganan Kesehatan sebesar Rp 122,5 triliun, klaster Perlindungan Masyarakat sebesar Rp 154,8 triliun, dan klaster Penguatan Pemulihan Ekonomi sebesar Rp 178,3 triliun,” pungkasnya.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *