in ,

Reformasi Struktural Perkuat Fundamental Ekonomi

Reformasi Struktural Perkuat Fundamental Ekonomi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah terus melakukan reformasi struktural untuk memperkuat fundamental ekonomi Indonesia. Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) diterbitkan untuk mendukung reformasi struktural, meningkatkan investasi, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Selain itu, UUCK juga mengatur tentang ketetapan yang sebelumnya tumpang tindih menjadi lebih jelas, mereformasi izin usaha menjadi lebih mudah, membentuk Indonesia Investment Authority untuk iklim investasi yang lebih baik, serta merumuskan kembali daftar prioritas investasi.

Di tengah masa pandemi yang penuh tantangan dan memberikan dampak sosial-ekonomi, masih terdapat sinyal positif perekonomian dalam negeri baik dari sisi permintaan maupun sisi penawaran. Salah satu indikator yang menjadi sinyal positif adalah neraca perdagangan yang telah mengalami surplus lebih dari 21 miliar dollar AS pada tahun 2020 dan terus mengalami surplus hingga saat ini.

Baca Juga  Pemerintah Cabut Aturan Pembatasan Barang Bawaan Pekerja Migran

Selain itu, Foreign Direct Investment juga telah mencapai sekitar 7,6 miliar dollar AS pada kuartal pertama tahun 2021, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 6,7 miliar dollar AS. Capaian ini mencerminkan kepercayaan berkelanjutan dari komunitas investor global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengungkapkan, meskipun dengan adanya kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat yang diberlakukaan saat ini, proyeksi pertumbuhan dari sejumlah lembaga internasional seperti Bank Dunia, IMF dan OECD untuk tahun 2021 masih memberikan pandangan optimis dan menempatkan pertumbuhan ekonomi kita dari 4,3 persen menjadi 4,9 persen dan dari 5 persen menjadi 5,8 persen pada tahun 2022. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga memfokuskan untuk melindungi para pekerja, perusahaan, UMKM, dan dampak negatif ekonomi akibat pandemi dengan menciptakan iklim bisnis dan investasi yang lebih baik.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

“UUCK merupakan salah satu upaya terbaik yang dilakukan pemerintah agar fundamental perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Selain menciptakan iklim bisnis dan investasi yang kondusif serta memperkuat standar lingkungan yang berkelanjutan, pemerintah juga mendorong transformasi digital,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (22/07).

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *