in ,

Presiden Jokowi Resmi Buka Presidensi G20 Indonesia

Presiden Jokowi Resmi Buka Presidensi G20 Indonesia
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Presidensi Group of Twenty (G20) dengan menggelar opening ceremony di Lapangan Banteng, Jakarta, pada Rabu malam (1/12). Dalam pidatonya Jokowi mengatakan, G20 merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia.

“Kesempatan ini untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Untuk itu, Presidensi G20 Indonesia mengusung tema recover together, recover stronger,” kata Jokowi yang disiarkan secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Ia menjelaskan, dalam Presidensi G20, Indonesia akan fokus untuk mengerjakan tiga hal. Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan.

Baca Juga  BPK Minta Pemerintah Terus Tingkatkan Kualitas APBN

“Saya ingin Presidensi Indonesia di G20 tidak sebatas seremonial belaka. Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata. Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 menghasilkan terobosan-terobosan besar. Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini,” kata Jokowi.

Presidensi G20 Indonesia akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. Indonesia juga berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil, memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim, dan berupaya mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan. Presidensi G20 Indonesia akan menggalang komitmen negara maju untuk membantu negara berkembang, negara kaya juga membantu negara miskin.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

“Kebersamaan adalah jawaban atas masa depan dengan semangat solidaritas. Indonesia berupaya keras untuk menghasilkan inisiatif-inisiatif konkret untuk mendorong pemulihan situasi global agar segera pulih dan menjadi kuat. Recover together, recover stronger. Saya mengundang para delegasi untuk datang ke Indonesia, untuk melihat keindahan alam Indonesia, untuk menyaksikan keunikan keragaman budaya Indonesia, dan merasakan keramahtamahan masyarakat Indonesia,” kata Jokowi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *