in ,

PPKM Diperpanjang, Ini Permintaan APINDO dan KADIN

“Nantinya apabila telah boleh beroperasi, protokol kesehatan di perusahaan bisa diaudit secara berkala baik oleh pemerintah, pihak swasta, maupun pelanggan. Kemudian kalau terdapat karyawan di perusahaan manufaktur esensial yang positif COVID-19, perusahaan akan melakukan evaluasi secara cepat dan menurunkan kapasitas karyawan operasional,” kata Hariyadi.

Di kesempatan yang sama, Ketua KADIN Indonesia Arsjad Rasjid menambahkan, saat ini yang diperlukan adalah keseimbangan antara penanganan kesehatan dan ekonomi. KADIN dan APINDO berjanji akan mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19. Salah satunya diejawantahkan dengan inisiasi program Vaksinasi Gotong Royong dan Rumah Oksigen Gotong Royong.

“Kita mengerti penting sekali fokus dalam kesehatan tapi roda ekonomi tidak bisa stop, harus jalan, kalau tidak, dampak sosialnya akan berat sekali. Kami yakin pemerintah sangat open. Semua pengusaha di Indonesia, kami mengajukan bagaimana pentingnya roda ekonomi bisa kembali khususnya industri manufaktur esensial, menunjang ekspor jangan sampai diambil alih. Bahan baku dan bahan penolong produksi, memiliki kepentingan untuk mempertahankan pendapatan karyawan pada industri padat karya, misalnya di sektor tekstil, garmen, dan sepatu untuk kepentingan geopolitik Indonesia di mata dunia internasional,” jelas Arsjad.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Selain itu, KADIN Indonesia berharap, pemerintah dapat mendesain kebijakan fiskal secara konsolidasi untuk meningkatkan daya beli masyarakat, baik melalui program proteksi sosial yang dieksekusi dengan cepat maupun insentif ekonomi untuk dunia usaha yang memadai.

“Pemerintah perlu mendorong harmonisasi kebijakan kesehatan, ekonomi, dan sosial secara terpadu dan melakukan komunikasi satu pintu sehingga menciptakan kepastian dan ketenangan bagi masyarakat. Kebijakan ini juga diimplementasikan secara selaras antara pemerintah pusat dan daerah,” tambah Arsjad.

Ditulis oleh

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *