in ,

Harga Vaksinasi Gotong Royong Sesuai Harapan

Harga Vaksinasi Gotong Royong Sesuai Harapan
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai, harga vaksinasi gotong royong sesuai dengan harapan dunia usaha. Apindo berharap vaksinasi ini menciptakan tren positif pada pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong

Dalam Kepmenkes itu ditetapkan harga pembelian vaksin sinopharm sebesar Rp 321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis. Harga ini sudah termasuk keuntungan (20 persen) dan biaya distribusi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketetapan harga telah mendapatkan pandangan dari berbagai pihak, termasuk kementerian koordinator bidang perekonomian, ahli, akademisi, dan aparat hukum.

Baca Juga  Kemenperin Kembangkan Pusat Inovasi Digital Industri

“Alhamdulillah. Sudah bagus. Sesuai harapan pelaku usaha (harga vasksinasi gotong royong),” jelas Hariyadi kepada Pajak.com, pada Senin (17/5).

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2021, Apindo mendesak pemerintah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk 181,5 juta rakyat Indonesia melalui kebijakan vaksinasi gotong royong atau vaksinasi nongratis. Artinya, dunia usaha membantu pemerintah melakukan vaksinasi ke pegawai atau masyarakat dengan cara membeli dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk pemerintah. Dengan begitu beban fiskal pemerintah juga dapat lebih ringan.