in ,

PMI Manufaktur Global dan Nasional Cetak Rekor Tertinggi

PMI Manufaktur Global dan Nasional Cetak Rekor Tertinggi
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur global tercatat sebesar 55,8 pada April 2021. Pencapaian tertinggi sejak April 2010 ini diharapkan semakin memberi harapan pemulihan ekonomi dunia.

Sebagai informasi, jika indikator PMI manufaktur melewati batas 50, artinya industri di negara itu memasuki tren ekspansif dan sebaliknya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribo menjelaskan, PMI manufaktur global meningkat didorong oleh pertumbuhan yang solid pada sisi new orders, new export business, dan employment. Eropa dan Amerika Serikat (AS), misalnya, mencatatkan kinerja manufaktur yang sangat kuat dan didorong pertumbuhan new orders seiring kenaikan permintaan.

PMI manufaktur AS sebesar 60,5 mencatatkan angka tertinggi sejak Mei 2007, sementara manufaktur negara lain di benua Amerika, seperti Kanada (57,2) atau Brazil (52,3) masih berada dalam tren ekspansif meski angkanya turun dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara Tiongkok (51,9), Jepang (53,6), dan India (55,5) berhasil mempertahankan tren positif didukung pertumbuhan pada tingkat permintaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0