in ,

Jokowi Optimis Indonesia Dapat Lalui Tantangan di 2022

Jokowi Optimis Indonesia Dapat Lalui Tantangan di 2022
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis bahwa berbagai tantangan di tahun 2022 bisa dilewati dengan baik melalui semangat kerja keras bersama semua pihak. Tantangan yang dimaksud adalah adanya varian Omicron, kenaikan inflasi, tapering off, hingga kelangkaan energi di sejumlah negara disinyalir bisa mengganggu aktivitas ekspor Indonesia di tahun 2022.

“Saya kira tantangan-tantangan itulah yang akan kita hadapi dan saya meyakini dengan semangat kerja keras kita bersama, tantangan-tantangan itu akan bisa kita lalui dengan baik,” ungkapnya pada acara peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022, Senin (03/01).

Ia menambahkan, pemulihan ekonomi Indonesia cukup kuat yang bisa dilihat dari sejumlah angka indikator perekonomian. Neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus 34,4 miliar dollar AS, dan selalu surplus selama 19 bulan. Angka ekspor secara tahun ke tahun atau year on year (YoY) juga naik 49,7 persen. Impor bahan baku dan bahan penolong juga naik 52,6 persen.

Baca Juga  Pemerintah-Asosiasi Fintech Dongkrak Inklusi Keuangan

“Ekspor kita kenapa naik setinggi itu, salah satunya karena kita hentikan ekspor raw material, ekspor bahan mentah dari minerba kita yaitu nikel yang saya lihat biasanya hanya 1 sampai 2 miliar dollar AS, kemarin akhir tahun sudah mencapai 20,8 miliar dollar AS. Saya kira keberanian menyetop itu hasilnya kelihatan. Oleh sebab itu, kita akan lanjtukan dengan stop bauksit, stop tembaga, stop timah, dan yang lain-lainnya. Hilirisasi menjadi kunci dari kenaikan ekspor kita,” tambahnya.

Perlu diketahui, peringkat daya saing Indonesia atau competitiveness index mengalami kenaikan sebanyak tiga peringkat. Peringkat di sektor bisnis naik ke posisi 37 dan di digital bisnis naik ke posisi 53. Tidak hanya itu saja, sejumlah indikator lainnya seperti indikator konsumsi dan produksi juga terlihat menguat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0