in ,

PLN Lakukan Uji Jalan Mobil Listrik Jakarta – Bandung

Dengan menggunakan mobil listrik, pemerintah bisa mengurangi beban current account deficit (CAD) atau defisit transaksi berjalan yang terus tergerus dengan impor minyak mentah.

“Langkah PLN menjajal mobil listrik ini untuk memastikan kepada pelanggan untuk tidak ragu menggunakan kendaraan listrik. Selain terbukti lebih hemat dan ramah lingkungan, PLN dalam mempercepat penetrasi pasar kendaraan listrik juga menyediakan infrastruktur pendukung kendaraan listrik,” kata Darmawan.

Hingga kini sudah ada 47 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang beroperasi di seluruh Indonesia. Hingga akhir tahun 2021, ditargetkan sebanyak 67 unit SPKLU yang akan beroperasi.

“Ini merupakan dukungan aktif PLN dalam memasifkan kendaraan listrik di Indonesia. PLN juga menghadirkan produk home charging services yang disiapkan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan fasilitas dan layanan pendukung dalam penggunaan KBLBB. Produk home charging services merupakan produk layanan satu pintu bagi pelanggan yang melakukan transaksi pembelian KBLBB (kendaraan bermotor listrik berbasis baterai),” kata Darmawan.

Baca Juga  Alasan Kemnaker Ubah Mekanisme JHT Usia 56 Tahun

Adapun keuntungan yang didapat dari home charging services adalah layanan tambah daya listrik, sehingga konsumen pemilik mobil listrik tidak perlu ragu perihal kecukupan daya listrik di rumah.

“Peralatan home charger, layanan pemasangan home charger, integrasi home charger ke sistem PLN Charge.IN, konsumen akan mendapatkan diskon tarif penggunaan home charger pada pukul 22.00—05.00 WIB sebesar 30 persen,” tambahnya.

Berdasarkan roadmap yang disusun kementerian ESDM, potensi jumlah kendaraan listrik di Indonesia pada tahun 2030 mencapai 2,2 juta mobil listrik dan 13 juta motor listrik dengan 31.859 unit SPKLU. Jumlah kendaraan listrik ini diharapkan bisa menekan impor BBM sekitar 6 juta kilo liter pada tahun itu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *