in ,

HOME, Pembiayaan Mikro Kolaborasi SMF dan PNM

HOME, Program Pembiayaan Mikro Kolaborasi SMF dan PNM
FOTO : IST

Pajak.com, Semarang – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi meluncurkan program pembiayaan bernama HOME. Program pembiayaan mikro perumahan nasabah Mekaar binaan PNM ini, dikhususkan untuk renovasi rumah nasabah yang juga dijadikan sebagai tempat usaha atau mendukung usaha.

Acara soft launching program yang dilakukan di Kota Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (3/6) ini sekaligus menandakan kota pertama pelaksanaan HOME kepada sejumlah nasabah Mekaar binaan PNM. Sebagai informasi, Mekaar merupakan pembiayaan modal untuk pelaku usaha ultramikro yang diluncurkan PNM sejak tahun 2015.

Target nasabah Mekaar merupakan nasabah yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha, tetapi memiliki keterbatasan akses pembiayaan modal kerja. Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, program HOME diharapkan dapat membantu percepatan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang sedang dilakukan pemerintah.

Baca Juga  Prastowo: Defisit Fiskal Indonesia Masih Moderat

“Kita tahu bahwa Pandemi Covid-19 telah memukul semua sektor usaha, kelompok UMKM dan ultramikro termasuk yang paling merasakan kondisi ini. Melalui program pembiayaan mikro perumahan HOME diharapkan sektor UMKM dan ultramikro dapat kembali bergerak melalui usaha yang mereka lakukan dari rumah mereka sendiri,” kata Ananta dalam keterangan resmi yang diterima Pajak.com, Senin (7/6).

Selain itu, Ananta juga menambahkan bahwa program HOME merupakan bagian dari pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs); khususnya pada tujuan ke-11 yaitu untuk membangun kota dan pemukiman inklusif, aman, tahan lama, dan berkelanjutan.