in ,

PLN Beri Sertifikat Energi Hijau Perusahaan “Data Center”

PLN Beri Sertifikat
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memberikan layanan sertifikat Energi Baru dan Terbarukan (EBT) atau Renewable Energy Certificate (REC) kepada perusahaan data center, PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC).

Sebagai informasi, REC merupakan produk kerja sama PLN dan Clean Energy Investment Accelerator (CEIA). REC adalah bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk produksi tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit EBT. Secara teknis, REC dari PLN menggunakan sistem pelacakan elektronik dari APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat (AS), untuk memastikan bahwa setelah sertifikat diterbitkan, tidak dapat dibeli atau dijual ke pihak lain. Seluruh proses juga telah diverifikasi untuk memenuhi standar internasional.

Baca Juga  BGR Logistics dan TaniHub Wujudkan Ketahanan Pangan

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan menjelaskan, EDGE DC membeli 404 unit REC PLN atau setara dengan penggunaan listrik yang berasal dari energi hijau sebesar 404 Mega Watt hour (MWh).

“Artinya kita turut menjalankan sustainable development, pengembangan bisnis berbasis teknologi yang tetap mengedepankan keberlanjutan lingkungan. PLN memberikan apresiasi kepada perusahaan data center yang telah menggunakan energi hijau melalui REC dari PLN,” kata Doddy dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com (16/5).

Ia mengungkapkan, saat ini bisnis data center berkembang pesat di Indonesia, khususnya di Jakarta. Meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis on-line dan berkembangnya bisnis berbasis digital membuat Jakarta menjadi tempat yang prospektif untuk melakukan bisnis data center. PLN pun memproyeksi, tahun 2022 ada penambahan pemasangan listrik baru untuk data center dengan daya total sebesar 300 Mega Volt Ampere (MVA) dan akan terus bertambah.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *